Semoga Natal tahun ini menjadi Natal yang penuh kedamaian dan membawa perdamaian. Amin,
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) HA Helmy Faishal Zaini mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru untuk saudara beragama Kristiani di manapun berada, khususnya di Indonesia.

"Selamat hari Natal dan Tahun Baru 2020," kata Helmy di Jakarta, Selasa.

Sekjen PBNU juga mengajak setiap pihak untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan sebagai entitas bangsa yang besar dan berkeadaban serta membangun persaudaraan kemanusiaan atau "ukhuwwah insaniyyah".

Baca juga: MUI Pusat belum pernah keluarkan fatwa ucapan Natal

Menurut dia, sudah sejak lama, bahkan sebelum NKRI berdiri, bangsa Indonesia telah memiliki nilai luhur bangsa meski memiliki perbedaan suku, ras, agama dan golongan. Indonesia sejak dulu dapat hidup rukun, tentram, guyub dan bergotong royong.

"Mari kedepankan sikap saling menghargai satu dengan yang lain serta menyatukan sikap untuk mewujudkan Indonesia yang aman, damai, makmur dan berkeadilan. Bangsa Indonesia terdiri dari ratusan suku, sekian agama, banyak budaya tapi kita tetap bersatu dalam bingkai NKRI, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," jelas dia.

Baca juga: Benarkah Aa Gym kirim pesan berantai tentang ucapan Natal?

Helmy mengingatkan momentum Natal juga hendaknya menjadi sarana masyarakat Indonesia untuk merefleksikan diri dan bercermin sebagai sebuah bangsa dalam mengimplementasikan rasa cinta kasih kepada sesama anak bangsa.

"Semoga Natal tahun ini menjadi Natal yang penuh kedamaian dan membawa perdamaian. Amin," katanya.

Baca juga: Soal ucapan Natal PBNU kedepankan toleransi

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019