Di Selat Sunda Basarnas siagakan kapal dukung arus mudik

Di Selat Sunda Basarnas siagakan kapal dukung arus mudik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Kepala Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito (kanan) memberi paparan saat mengunjungi Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (24/12/2019). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.

Kita siaga penuh dengan mengerahkan sebanyak tiga kapal laut di Perairan Selat Sunda dan satu helikopter,
Merak (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) menyiagakan kapal di Perairan Selat Sunda untuk mendukung pelayanan arus mudik angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, khususnya penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kita siaga penuh dengan mengerahkan sebanyak tiga kapal laut di Perairan Selat Sunda dan satu helikopter," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya (Marsdya) TNI Bagus Puruhito saat mengunjungi Dermaga Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, Selasa.

Kesiapan petugas Basarnas itu juga disertai dengan mendirikan delapan posko di Pelabuhan Bakauheni dan sembilan posko di Pelabuhan Merak.

Ia mengatakan bahwa para petugas di posko tersebut siaga selama 24 jam dengan cara bergantian untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak merayakan liburan Natal dan Tahun Baru.

Oleh karena itu, Basarnas melaksanakan kesiapsiagaan dengan mengerahkan tiga kapal laut dan satu helikopter juga delapan posko di Bakauheni dan sembilan di Merak.

"Kami siap siaga jika terjadi kecelakaan laut akan bergerak cepat melakukan pertolongan evakuasi agar tidak menimbulkan korban jiwa," kata Bagus Puruhito.

Sementara itu, Wakapolda Banten Brigjen Tomex Kurniawan mengatakan kepolisian juga mendirikan posko untuk memberikan keamanan bagi penumpang yang akan merayakan natal dan liburan tahun baru.

Selain itu juga petugas disebar di titik-titik kemacetan agar arus lalu lintas berjalan lancar.

"Kami mengapresiasi angkutan Natal dan Tahun Baru itu tidak terjadi antrean kendaraan di sekitar Pelabuhan Merak," katanya.


Baca juga: Penyeberangan dari Merak ke Bakauheni diprediksi melonjak Selasa sore

Baca juga: Menhub: Pelabuhan Merak-Bakauheni lebih padat saat libur Natal

Baca juga: ASDP Merak operasikan 27 kapal jelang Natal 2019

Baca juga: Menhub apresiasi pelayanan angkutan Natal dan Tahun Baru di Banten

Pewarta: Mansyur Suryana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tarif Tol Tangerang-Merak Golongan I-IV naik, Golongan V turun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar