Makassar (ANTARA) - Kapolsek Cempa, Polres Pinrang, AKP Akbar Andi menerima penghargaan kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) serta pin emas dan piagam dari Kapolri Jenderal Pol Idham Azis atas aksinya menyelamatkan warga yang hampir mati dikeroyok massa.

Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Mas Guntur Laupe di Makassar, Selasa, usai menyerahkan penghargaan itu mengaku bangga atas prestasi bawahannya.

"Tiga personel kami menerima penghargaan dan semuanya berjasa besar baik untuk institusi maupun negara," ujarnya.

Akbar Andi diberi penghargaan atas aksinya yang viral saat melindungi seorang penambang yang nyaris tewas dikeroyok massa di sebuah kebun dengan cara berlutut dan bersimpuh memohon agar massa tidak melakukan aksi anarkis.

Baca juga: Lima personel Polda Sumsel terima penghargaan Bareskrim
Baca juga: Polres Jakarta Utara beri penghargaan kepada 27 anggota berprestasi


Selain Akbar Andi, personel yang menerima kenaikan pangkat luar biasa dari Inspektur Satu (Iptu) menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP), juga ada dua bintara lainnya, yakni Briptu Andi Try Sandi Saputra dan Bripka Nur Qadri Yanti.

Untuk Andi Try Sandi Saputra dan Nur Qadri Yanti berhasil mengharumkan nama bangsa ini dan mengibarkan bendera Merah Putih di kancah internasional dengan merebut medali emas dan perak pada Sea Games 2019 di Filipina beberapa waktu lalu.

Try Sandi Saputra yang kesehariannya bertugas di Direktorat Samapta Polda Sulsel ini menyumbangkan medali emas pada cabang olahraga sepak takraw. Sedangkan Nur Qadri Yanti meraih medali perak pada sepak takraw.

Bagi kedua atlet berprestasi ini, Kapolda juga memberikan piagam penghargaan serta uang pembinaan sebagai bonus sebesar Rp10 juta dan Ro7,5 juta.

"Mereka semua adalah kebanggaan yang telah mengharumkan nama institusi dan bangsa. Penghargaan ini layak diberikan kepada mereka semua," katanya.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019