Jakarta (ANTARA) - Hadiah uang meningkat cukup besar bagi pemain pada Australia Open yang akan berlangsung Januari mendatang ketika penyelenggara mengumumkan peningkatan 13,6 persen dari total hadiah menjadi 71 juta dolar Australia (49,1 juta dolar AS).

Pemenang gelar putra dan putri pada Grand Slam pertama setiap tahun itu, keduanya akan membawa pulang 4,12 juta dolar Australia, hanya naik sedikit dibanding setahun yang lalu.

Namun pemain yang kalah pada putaran awal memperoleh jauh lebih baik.

Siapa pun yang tersingkir pada putaran pertama akan menerima 90.000 dolar Australia, naik 20 persen, sementara pemain putaran kedua mendapat kenaikan 21,9 persen menjadi 128.000 dolar Australia.

Baca juga: Andy Murray kembali ke Grand Slam di Australia Open

Baca juga: Andreescu dipastikan absen pada ajang pemanasan Australia Open

Direktur turnamen Craig Tiley mengatakan setiap putaran akan menikmati persentase kenaikan dua digit, kecuali finalis.

"Tahun ini, seperti kami lakukan setiap tahunnya, kami bekerja sama dengan tour untuk menentukan bobot kenaikan hadiah uang putaran demi putaran, dan kami mendorong untuk memberi penghargaan kepada pemain yang bertanding di awal dalam turnamen pada tunggal maupun ganda," katanya seperti dikutip AFP.

"Kami sangat percaya pada peningkatan hadiah uang pada semua level pertandingan dan kami akan terus bekerja bersama kelompok yang bermain untuk menciptakan jalur karir yang layak dalam olahraga ini dan memungkinkan lebih banyak pemain untuk menghasilkan lebih banyak uang."

Hadiah uang telah meningkat 61,4 persen selama lima tahun terakhir, secara luas sejajar dengan Grand Slam lainnya.

Australian Open akan dimulai di Melbourne Park pada 20 Januari, demikian AFP.
 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019