Jakarta (ANTARA) - Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah menjalin kerja sama dengan PT Mandala Hamonangan Sude (MHS) untuk mempercepat link and match dunia pendidikan dan usaha sesuai program pemerintah.

"Kerja sama dituangkan melalui penandatanganan memorandum of understanding (MOU) dengan Direktur Utama MHS Rangga Derana Niode," kata Rektor Unsoed Prof Soewarto kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: FSGI beri masukan Nadiem terkait "link and match" vokasi

Prof Suwarto menyampaikan bahwa dua poin utama dalam kerja sama ini pertama mendukung kegiatan bidang pendidikan terutama di bidang pertanian, teknik, dan ekonomi agar lulusannya memiliki pengalaman saat memasuki dunia kerja.

Poin berikutnya, kerja sama ini dapat mendorong kegiatan-kegiatan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta kegiatan lain yang dimiliki oleh universitas agar berjalan baik.

Baca juga: Astra bina 350 SMK di Jawa Barat agar sesuai kebutuhan industri

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) Unsoed Prof Dr Agus Suroso, SE dengan Koperasi KOSUKU Unsoed yang diwakili oleh Drs Hary Pujianto, MM untuk program Teaching Industry.

Serta dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT MHS dengan Fakultas Pertanian Unsoed yang diwakili Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Anisur Rosyad, MS. untuk bidang pengembangan media tanam.

Baca juga: Pemerintahan baru perlu selaraskan pendidikan dengan "link and match"

Pada kesempatan itu penanggung jawab Teaching Industry Unsoed Ir Suprayogi, MSc PhD mengatakan program ini merupakan wadah untuk menjembatani dunia pendidikan dengan dunia kerja dimana implementasinya adalah Unsoed sebagai lembaga pendidikan yang konsisten melakukan penelitian dimana dalam hal ini terkait dengan bidang pertanian (padi).

Sedangkan kerja sama dengan Koperasi KOSUKU dimaksud untuk pengelolaan produksi sampai dengan pemasarannya, kata Suprayogi.

Harapannya, jelas dia, dengan adanya kerja sama ini, pengelolaan dan manajemen lebih professional sehingga bisa menjadi wadah pembelajaran bagi seluruh mahasiswa, pendidik, peneliti dan pihak lain di Unsoed dalam dunia kerja dan bisnis.

Direktur Utama PT Mandala Hamonangan Sude Rangga Derana Niode sangat menyambut baik serta antusias dengan adanya kerjasama ini.

“Harapan kami dari dunia bisnis melalui kerja sama ini dapat saling memberikan manfaat. Kami punya produk-produk berkualitas karena didukung peneliti, akademisi, mahasiswa dari Unsoed, di sisi lain pihak universitas dapat menjadikannya sebagai percepatan program link and match yang sekarang ini sedang digalakkan Presiden Joko Widodo melalui Kemendikbud," kata Rangga.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019