Tangerang (ANTARA) -
Pengelola perumahan Bumi Serpong Damai (BSD) City, Serpong, Tangerang, Banten, mengoperasikan "shuttle bus" secara gratis untuk memudahkan transportasi bagi penghuni dan warga sekitar pada enam rute yang telah ditetapkan.

Corporate Communication & Public Affair Division Head, Sinar Mas Land, Panji Himawan di Tangerang, Selasa mengatakan armada tersebut dengan nama BSD Link berukuran medium.

"Shuttle bus gratis BSD Link menghubungkan beberapa lokasi penting di BSD City, termasuk ke stasiun kereta api dan pusat perbelanjaan serta perguruan tinggi," katanya.

Namun bus BSD Link dengan kapasitas sebanyak 27 tempat duduk serta 20 areal berdiri maka mampu membawa 47 penumpang.

Dia mengatakan terminal tersebut berada di kawasan Intermoda BSD City yang menghubungkan transportasi lain baik dari dalam maupun luar seperti misalnya kereta listrik dan transportasi lain wilayah BSD City.

Panji memperkirakan setiap bulan BSD Link tersebut dapat melayani sekitar 71.000 penumpang dengan total sebanyak 14 armada pada jadwal lintas operasional yang teratur.

Menurut dia, BSD link memiliki enam rute yakni Intermoda – De Park, Greenwich Park – Sektor 1.3, Intermoda – Vanya Park, Sinar Mas Land Plaza – ITC BSD, The Breeze – Aeon – ICE dan beberapa rute lain yang beroperasi pada hari kerja.

Sedangkan keberadaan BSD Link itu memudahkan warga dalam bertransportasi sehari-hari, baik untuk bekerja, rekreasi serta keperluan lainnya.

Salah satu tujuan BSD Link agar penghuni dan pengunjung akan lebih nyaman menggunakan kendaraan umum dibandingkan dengan mobil pribadi.

"Hal ini tentunya dapat mengurangi dampak kemacetan arus lalu lintas di Serpong dan sekitarnya, karena memanfaatkan moda transportasi nyaman," katanya menambahkan.

Panji mengatakan integrasi terminal BSD Link ke dalam kawasan Intermoda merupakan bagian dari transformasi BSD City untuk menjadi "the first integrated smart" digital city.

Kemudahan dan percepatan mobilitas atau perpindahan penduduk dari satu tempat ke lokasi lainnya ini menjadi salah satu fokus dalam pengembangan smart city.

Kawasan Intermoda BSD City dirancang untuk memudahkan mobilitas warga yang tinggal di kawasan dan sekitarnya menuju Jakarta atau sebaliknya.

Dalam transformasinya sebagai "the first integrated smart" digital city, bahwa BSD City memiliki fasilitas lengkap, mulai dari rumah sakit berstandar internasional, berbagai sekolah dan perguruan tinggi, kawasan bisnis dan perkantoran, AEON Mall BSD City dan Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Sedangkan lalu lintas di BSD City diawasi dengan "surveillance system" yang dipantau dari "Command Centre", ini membantu meminimalisir kemacetan. ***2***
 

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019