Pekalongan (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memastikan penyelenggaraan perayaan Natal 2019 akan berlangsung aman dan nyaman, tentram, dan kondusif, Selasa (24/12).

Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz usai melakukan sidak ke sejumlah gereja dan pos pengamanan (pospam) di Pekalongan, mengatakan bahwa saat ini kondisi wilayah aman kondusif dan tidak ada indikasi kerawanan maupun hal perlu dikhawatirkan.

"Kami pantau di beberapa titik gereja dan posko pengamanan, dan situasi di lapangan sangat nyaman, aman, tentram, dan tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan," katanya.

Beberapa titik gereja dan pospam yang dipantau antara lain Gereja Pemberkatan Injil di Jalan Toba, Posko PAM Natal dan Tahun Baru Matahari, Gereja Bethel Jalan Rambutan, Gereja Kristen Indonesia, Gereja Maranatha, dan Pospam THR.

Menurut dia, kegiatan pantauan pospam dan gereja merupakan serangkaian dari sidak sebelumnya untuk memastikan kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020.

"Kami mengimbau pada seluruh masyarakat untuk saling menjaga lingkungan dan meningkatkan toleransi antarumat beragama agar kondisi wilayah aman dan nyaman," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez mengatakan kepolisian bekerjasama dengan TNI dan elemen masyarakat lainnya telah melaksanakan pengamanan gereja sejak dua pekan yang lalu hingga 1 Januari 2020 mendatang.

"Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga tempat ibadah gereja supaya umat Kristiani dan Katolik dapat menjalankan ibadah dengan aman, nyaman, dan tenteram. Kami juga berkoordinasi dengan pihak keamanan gereja menggunakan seragam dan bersenjata lengkap untuk bersama-sama menjaga gereja 1 x 24 jam," katanya.

Komandan Kodim 0710/Pekalongan Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto menegaskan TNI sangat mendukung dan siap membantu pemerintah dalam mengamankan wilayah daerah agar tetap kondusif.

"Kami siap mencegah orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang ingin mengganggu kelancaran ibadah dan merayakan Natal, serta Tahun Baru 2020," katanya.

Baca juga: Sejumlah gereja di malam Natal dikunjungi Wali Kota Surabaya

Baca juga: Polda fokus empat sasaran pengamanan pada Operasi Lilin Jaya 2019

Baca juga: TNI-Polri siagakan 175 personel di Gereja GPIB Immanuel

Baca juga: Ketua MPR: Perayaan Natal momentum perkuat semangat kebhinekaan





 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019