Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi dua Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), yakni Grogol dan Rawamangun untuk memantau pelaksanaan ibadah malam Natal 2019.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut dihadiahi kain khas Batak, ulos.

Pertama, Anies diberi hadiah ulos oleh Pendeta Albiner Hutauruk saat mengunjungi Gereja HKBP Petojo di Grogol, Jakarta Barat.

"Saya pertama-tama menyampaikan terima kasih sebuah kehormatan mendapatkan kain ulos ini yang rajutan tenunnya luar biasa. Terima kasih kepada bapak-ibu sekalian. Mudah-mudahan pantas, pas," kata Anies di Gereja HKBP Petojo di Grogol, Jakarta Barat, Selasa.

Selepas dari HKBP Petojo, Anies kembali mendapat kain ulos dari HKBP Rawamangun, Jakarta Timur. Pendeta senior yang mendampingi Anies di gereja tersebut mengatakan bahwa pemberian kain khas batak itu merupakan tanda persatuan antarumat beragama.

"Ini juga sebagai pertanda antara HKBP dan Pak Anies bisa menjadi satu. Kita harus mendukung Bapak Anies selama jadi Gubernur," katanya.

Baca juga: Anies berharap jemaat turut doakan Jakarta
Baca juga: Anies harap selalu terbangun suasana damai


Anies menyatakan kain ulos tersebut akan disimpan di kantor kerjanya di Balai Kota Jakarta.

Tidak lupa Anies juga menyampaikan ucapan selamat pada umat Kristiani yang merayakan Natal tahun 2019 dan mengharapkan kedamaian di Jakarta secara umum.

"Selamat memperingati Hari Natal. Semoga kedamaian selalu ada pada diri ibu dan bapak sekalian. Semoga kedamaian ada pada masyarakat kita di Jakarta. Dan semoga Tuhan selalu memberkati kita semua," kata Anies.

Gereja HKBP Grogol dan HKBP Rawamangun menjadi tempat yang dikunjungi Anies untuk melihat kesiapan ibadah malam Natal. Selain dua gereja HKBP, Anies juga mengunjungi lima gereja lainnya dengan maksud yang sama, yaitu meninjau kesiapan ibadah malam Natal.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dihadiahi kain ulos oleh Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Rawamangun, setelah melakukan peninjauan ibadah malam Natal, Selasa (24/12/2019). (ANTARA/Ricky Prayoga)

Adapun daftar gereja yang akan didatangi Anies beserta rombongan, yakni:

- Gereja Katolik Santo Kristoforus Jakarta, Jalan Satria IV Kelurahan Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

- Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Petojo Grogol, Jalan Kyai Tapa, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

- Gereja Katolik Keluarga Kudus Rawamangun, Jalan Balai Pustaka Baru, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

- Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Rawamangun, Jalan Balai Pustaka Baru, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

- Gereja Protestan Indinesia Bagian Barat (GPIB) Inmanuel, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat.

- Gereja Katedral Jakarta, Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

- Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Paulus Jakarta, Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.
Baca juga: Dicurhati soal banjir Kristoforus, Anies janjikan perizinan renovasi

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019