Kemarin, keamanan Tol Japek hingga penanganan demam babi Afrika

Kemarin, keamanan Tol Japek hingga penanganan demam babi Afrika

Foto udara sejumlah kendaraan bermotor melintas di jalur 'contraflow' Tol Jakarta-Cikampek KM 51, Karawang Timur, Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/12/2019). Jasa Marga memberlakukan 'contraflow' di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dari kilometer (KM) 47 hingga KM 61 untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di sejumlah titik ruas tol dari Jakarta menuju arah Cikampek. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi penting terjadi pada Selasa (24/12) mulai dari pemerintah memastikan keamanan tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga penanganan penyakit demam babi Afrika di Sumatera Utara.

Berikut ini rangkuman berita yang masih menarik untuk di baca.

1. Kemenhub pastikan Tol Layang Japek aman, patuhi batas kecepatan mobil

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) aman untuk dilalui pada musim libur Natal dan Tahun Baru.

"Kondisi jalan sudah sesuai dengan prosedur keamanan. Saya memastikan jalan tol ini aman untuk dilintasi asalkan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada dan batasi kecepatan kendaraan minimal 60 km/jam dan maksimal 80 km/jam. Terkadang masih banyak pengendara melaju di atas 80 km/jam,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Menteri PUPR dan Menhub tinjau rest area di JTTS Lampung

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau rest area Km 87A Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Lampung, untuk memantau kondisi fisik serta sarana dan prasarana saat arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dalam kunjungan itu, kedua menteri didampingi Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, Gubernur Lampung Arinal Djuanaidi, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Pertamina targetkan transaksi di SPBU gunakan non tunai pada 2020

Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan mulai 2020 pelayanan pembelian bahan bakar minyak (BBM) berbagai jenis di stasiun pengisian bahar bakar umum (SPBU) menggunakan transaksi non tunai.

"Kami dorong transaksi di SPBU menggunakan non tunai. Apakah melalui akun bank atau 'e-money' atau LinkAja," kata Mas'ud di Cirebon, Jawa Barat, Selasa, saat meninjau pelayanan di SPBU tol Kanci Pejagan KM 228.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Konsumsi BBM di ruas tol naik hingga 20 persen

Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di ruas tol pada libur Natal dan Tahun Baru 2020 naik 15-20 persen, namun dipastikan stok aman.

"Untuk di tol konsumsi BBM naik 15-20 persen dan bahkan ada yang mencapai 25 persen," kata Mas'ud di Cirebon, Jawa Barat, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Posko darurat tangani demam babi afrika

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian telah membentuk dan menyiagakan 102 posko dari tingkat kabupaten/kota hingga kecamatan untuk menangani kasus Demam Babi Afrika di Sumatera Utara.

"Posko darurat telah dibentuk di semua tingkatan mulai dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, bahkan tingkat kecamatan. Saat ini jumlah posko di tingkat kecamatan sudah berjumlah 102 posko, hampir sesuai dengan jumlah kecamatan tertular," kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tol Japek masih lengang jelang pergantian tahun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar