Kemarin, ulama rawat NKRI hingga pertimbangan Jokowi untuk ibu kota

Kemarin, ulama rawat NKRI hingga pertimbangan Jokowi untuk ibu kota

Presiden Jokowi dan Gubernur Irianto Lambrie tinjau PLTA dari udara (Ant)

Jakarta (ANTARA) - Kemarin, ada penyerahan rekomendasi ulama rawat NKRI oleh Bupati Aceh Barat ke Presiden hingga pertimbangan Jokowi soal habitat Bekantan untuk rancangan ibu kota baru.


Berikut lima berita dari Kanal Politik ANTARA pada hari Selasa (24/12) yang mungkin masih menarik dibaca kembali untuk mengawali informasi Anda pada Rabu ini, di antaranya:

1. Bupati Aceh Barat menyerahkan rekomendasi ulama rawat NKRI ke Presiden

Bupati Aceh Barat H Ramli MS bersama Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Barat Teungku Abdurani Adian menyerahkan sejumlah rekomendasi merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada Staf Khusus Wakil Presiden yang juga Ketua PBNU KH Robikin Emhas di Meulaboh.

"Saya berharap rekomendasi yang sudah dirumuskan ini, agar dapat menjadi bahan pertimbangan Bapak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, agar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke depan semakin lebih kokoh dan bersatu," kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS, di Meulaboh, Senin.

Baca selengkapnya

2. Pimpinan MPR temui Raja Salman minta tambahan kuota haji

Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menyampaikan harapan umat Islam di Indonesia yaitu penambahan kuota haji kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz di kompleks Kerajaan Arab Saudi.

​​​​​"Alhamdulillah permintaan kami diterima dengan baik, pihak kerajaan mempertimbangkan permintaan tersebut," kata Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya

3. Liga Muslim Dunia dan MPR RI tolak diskriminasi umat beragama

Liga Muslim Dunia (Rabithah Al Alam Al Islami) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia memiliki komitmen bersama untuk menolak diskriminasi umat beragama.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Jazilul Fawaid lewat pesan singkat yang diterima Antara setelah pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia, Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa di Kompleks Kerajaan Arab Saudi, Senin (23/12).

Baca selengkapnya

4. Radesa selenggarakan lomba dan pameran foto Gus Dur "Sang Maha Guru"

Radesa Institute menyelenggarakan lomba dan pameran foto KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur bertajuk "Sang Maha Guru", guna memperingati satu dekade haul Gus Dur yang juga presiden keempat Indonesia.

Menurut panitia penyelenggara, Billy Ariez, melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, lomba dan pameran tersebut diselenggarakan untuk almarhum mengenang Gus Dur, juga untuk melestarikan warisan keilmuan dan keteladanan Gus Dur bagi generasi penerus bangsa. "Melalui kegiatan ini, kami memiliki harapan munculnya Gus Dur baru," katanya.

Baca selengkapnya

5. Jokowi: Rancangan ibu kota pertimbangkan habitat bekantan

Presiden Joko Widodo menilai survei lapangan secara langsung oleh pemenang sayembara rancangan tata kota ibu kota baru penting dilakukan, salah satunya untuk mempertimbangkan penjagaan lingkungan hidup seperti habitat bekantan.

"Survei lapangan diperlukan untuk memastikan rancangan ibu kota telah sesuai rencana lokasi pembangunan prasarana dasar seperti bendungan Sepaku Semoi yang akan dibangun pada 2020, serta jalan dan drainase pada areal seluas 4.000-6.000 hektare. Juga mempertimbangkan lingkungan sekitar, seperti habitat bekantan, binatang dilindungi, yang menghuni hutan sekitar Teluk Balikpapan," demikian unggahan @jokowi dalam media sosial Instagram pada Selasa.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Siklus satwa liar masuk permukiman padat penduduk

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar