Tol ini merupakan salah satu jalan yang dapat menyingkat waktu tempuh. Lampung sampai Palembang hanya 4 jam, yang biasanya sampai 12 jam
Bandarlampung (ANTARA) - Dirut PT Hutama Karya Bintang Perbowo menegaskan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan beberapa provinsi di Sumatera mulai dari Lampung hingga Aceh, akan selesai pada tahun 2024.

"Pembangunan ini rencananya selesai pada tahun 2024 sesuai arahan Pak Presiden. Dan bisa digunakan secara menyeluruh dari Lampung sampai Aceh," kata Bintang Perbowo di Mesuji, Lampung, Rabu.

Menurutnya, target itu sudah dikatakan sejak diresmikannya ruas tol Terbanggibesar-Pematangpanggang-Kayuagung.

Baca juga: HK kenalkan penggunaan kartu E-Toll untuk Tol Pekanbaru-Dumai

Selain itu, bila tol itu pada tahun 2024 selesai dikerjakan, berarti, Lampung sampai dengan Aceh dapat terhubung dan mempermudah para pengendara yang ingin berpergian ke Provinsi Aceh, Medan, Padang, Pekan Baru, Jambi dan lainnya.

"Tol ini merupakan salah satu jalan yang dapat menyingkat waktu tempuh. Lampung sampai Palembang hanya 4 jam, yang biasanya sampai 12 jam," katanya

Ia menjelaskan pembangunan jalan Tol Trans Sumatera ini harus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya yaitu masyarakat, karena banyak sekali pembebasan lahan jalan tol ini terhambat karena masyarakat enggan melepasnya.

"Tanpa dukungan masyarakat tidak mungkin selesai tepat waktu. Harus ada dukungan agar bisa selesai tepat waktu tanpa ada masalah-masalah yang berarti," ungkapnya.

Direktur Utama (Dirut) PT Hutama Karya Bintang Perbowo melakukan peninjauan ruas Jalan Tol Trans Sumatera dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan sampai ke Gerbang Tol Palembang, Sumatera Selatan untuk mengecek kesiapan menghadapi transportasi libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Baca juga: Layanan Tol Trans Jawa dimaksimalkan hadapi Natal dan tahun baru

"Ini kami tinjau Jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Palembang, Sumsel, dan mengecek beberapa rest area yang sedang dikerjakan," kata Bintang Perbowo, di Kalianda, Lampung Selatan, Selasa (24/12)
.
Menurutnya, peninjauan ini untuk melihat kondisi rest area yang ada di Km 234 Mesuji, Lampung dan beberapa reast area lainnya yang sedang dalam tahap pengerjaan.

Selain itu, dengan meninjau langsung turun ke lapangan ini, dapat memastikan bahwa Jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni, Lampung Selatan sampai Palembang, Sumatera Selatan bisa dilalui oleh para pengendara.

"Ya walaupun sudah benar-benar beroperasi, tetapi harus kita tinjau lagi. Karena, untuk jalur Terbanggi Besar-Pematangpanggang-Kayuagung baru benar-benar bisa dioperasikan 24 jam pada saat Natal dan Tahun Baru 2020. Sedangkan sebelumnya hanya berfungsi fungsional saja," katanya.

Baca juga: Tol Pekanbaru-Dumai dibuka terbatas, kecepatan mobil 60 km/jam


 

Pewarta: Triono Subagyo dan Emir FS
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019