Menurut Yan Fitri, Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan SBP Tanjungpinang sudah cukup baik, karena dilengkapi personel yang banyak meliputi TNI-Polri, KSOP, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya.
Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kepulauan Riau (Kepri) Brigjen Yan Fitri Halimansyah menyatakan perayaan Natal di ibu kota Provinsi Kepri di Kota Tanjungpinang berjalan aman, damai, dan kondusif.

Dia mengatakan, sebanyak 29 kegiatan Misa Malam Natal hingga hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dengan seluruh aparat keamanan memberikan prioritas pengamanan bagi warga yang merayakan Natal. "Sehingga saudara-saudara kita dapat melaksanakan ibadah Natal dengan penuh khidmat," kata Yan Fitri, saat meninjau Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020, di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Rabu.
Baca juga: Polda Kepri amankan 1.905 objek vital selama Natal dan Tahun Baru

Menurut Yan Fitri, Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan SBP Tanjungpinang sudah cukup baik, karena dilengkapi personel yang banyak meliputi TNI-Polri, KSOP, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya.

Selain itu, terdapat pula petugas pelayanan kesehatan di pos tersebut untuk melayani penumpang maupun masyarakat setempat yang membutuhkan pertolongan saat sakit.

"Petugas pelayanan kesehatan harus siaga di sini selama aktivitas pelabuhan berjalan. Begitu pula personel lainnya dalam hal memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," ujar Wakapolda.

Selain itu, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat sejak tadi malam sampai siang hari ini tidak mengalami gangguan. Semuanya berjalan normal seperti tak ada kecelakaan di jalan raya maupun pelanggaran hukum lainnya di Tanjungpinang.

Menurut dia, aparat keamanan juga aktif melakukan patroli keliling untuk melihat situasi dan kondisi masyarakat Tanjungpinang, terutama di lokasi keramaian untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.
Baca juga: Kapolda Kepri cek kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru

Seluruh komponen masyarakat Tanjungpinang pun turut andil membantu aparat menjaga kondisi kamtibmas di wilayah tersebut.

"Tidak hanya di ibu kota, situasi kamtibmas di tujuh kabupaten/kota se Kepri ikut aman dan terkendali," ujar Yan Fitri. Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal menyampaikan telah menurunkan 550 personel gabungan untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Para personel disiagakan di sepuluh gereja se-Tanjungpinang selama kegiatan Misa Natal berlangsung. Tiap-tiap gereja dijaga sekitar 30 personel.

"Kami gencar patroli keliling untuk memantau keamanan dan kenyamanan aktivitas masyarakat di gereja sejak tadi malam," ujar Iqbal.

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul mengharapkan perayaan Natal hingga Tahun Baru nanti dapat berjalan dengan baik.
Baca juga: Gubernur Kepri pastikan keselamatan pelayaran libur Natal

Dia juga mengapresiasi petugas keamanan yang telah mengoptimalkan kemampuan yang ada demi mewujudkan kamtibmas di Tanjungpinang.

"Saya percaya, toleransi antarumat beragama yang begitu tinggi membuat Tanjungpinang selalu aman, damai, serta kondusif," ujar Syahrul pula.

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019