Jakarta (ANTARA) -
Peziarah di Tempat Pemakaman Umum Pondok (TPU) Kelapa, Jakarta Timur, meningkat 80 persen dari situasi normal pada perayaan Natal 2019.
 
"Biasanya berkisar rata-rata 100-an peziarah pada akhir pekan bisa di atas itu," kata Kepala Satuan Pelaksana TPU Pondok Kelapa, Effedi Sianturi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Hanya tersisa kurang dari 100 liang lahat di TPU Pondok Kelapa
 
Pantauan di lokasi melaporkan peziarah dari kaum Nasrani tampak berdatangan menuju makam keluarga yang berziarah di blok AA1 unit Kristen sejak pukul 13.00 hingga 16.00 WIB.
 
Peziarah di Blok AA1 Kristen TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur berdatangan saat perayaan Natal 2019, Rabu (25/12/2019). (ANTARA/Andi Firdaus)
 
"Saya dan keluarga memang terbiasa mendatangi makam Opa di TPU Pondok Kelapa sejak beliau meninggalkan kami pada 2016 lalu," kata salah satu peziarah Tony (49).
 
Warga Rawamangun, Jakarta Timur itu datang bersama seorang istri dan empat anaknya.
 
Berziarah ke makam keluarga menjadi salah satu kebiasaan keluarga dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.
 
"Kami juga biasanya datang lagi saat tahun baru mendoakan Opa," ujar Tony.

Baca juga: Hunian DP 0 Rupiah di sebelah kuburan tidak pengaruhi minat
 
TPU Pondok Kelapa saat ini didominasi kuburan umat Nasrani sekitar 20.000 liang lahat, sedangkan umat Muslim sebanyak 10.000 liang lahat.
 
Tingginya jumlah peziarah di TPU Pondok Kelapa membuat area di pintu gerbang masuk padat oleh mobil milik peziarah.
 
Peziarah di Blok AA1 Kristen TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur berdatangan saat perayaan Natal 2019, Rabu (25/12/2019). (ANTARA/Andi Firdaus)
 
Mereka berdatangan menggunakan pakaian perayaan Natal dan membeli kembang serta air mineral untuk dituang ke makam.
 
"Lumayan banyak juga yang beli kembang dan air. Tapi kalau dibandingkan Idul Fitri masih lebih banyak saat Lebaran," tutur Mega (33) pedagang kembang.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2019