Jakarta (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat kendaraan menuju Jakarta mendominasi di ruas Tol Jakarta-Cikampek saat perayaan Natal 2019.

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Pol. Benyamin melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa volume kendaraan dari Jakarta menuju Bandung dan Jawa Tengah juga masih cukup tinggi.

"Tadi pagi terjadi perlambatan pada KM 48A arah timur," kata Benyamin.

Benyamin menuturkan bahwa petugas memberlakukan contraflow pada pagi hari selama 1—2 jam guna mengurai kepadatan lalu lintas akibat pertemuan kendaraan dari jalur Japek Elevated dengan jalan utama.

Ia menyebutkan kepadatan juga terjadi di KM 50 dan KM 57 karena tempat istirahat. Namun, setelah titik tersebut, lalu lintas berjalan lancar.

Baca juga: Korlantas kerahkan polwan sosialisasi di Tol Cipali tekan kecelakaan

Baca juga: Korlantas Polri siapkan strategi penanganan arus mudik tahun baru


Berdasarkan pantauan pihaknya,pergerakan kendaraan dari Jakarta menuju Bandung dan Jawa Tengah yang melintasi jalur Tol Cikampek masih tinggi karena masyarakat memanfaatkan untuk berlibur ke kampung halaman.

Benyamin menyatakan kondisi arus lalu lintas di Tol Cikampek-Jakarta kembali normal sekitar pukul 12.00 WIB lantaran petugas siap siaga memberlakukan contraflow.

Namun, pada pukul 15.00 WIB, kata Benyamin, kendaraan dari arah timur menuju Jakarta mulai ramai di KM 48B jalur Tol Elevated maupun jalur utama tol.

Benyamin memastikan petugas kepolisian tetap akan siaga siaga mengatur arus lalu lintas menuju arah Jakarta maupun sebaliknya.

Pada maasa libur Tahun Baru 2020, Benyamin memprediksikan tidak akan terjadi kepadatan karena masyarakat telah mengambil liburan saat Natal.

"Kami konsentrasi pengamanan di titik objek wisata," ujar Benyamin.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019