Ribuan masyarakat Simeleu tunaikan shalat gerhana matahari

Ribuan masyarakat Simeleu tunaikan shalat gerhana matahari

Ribuan masyarakat Simeuleu melaksanakan shalat khusuf di Masjid Baiturrahmah Sinabang, Kamis (26/12/2019). ANTARA/Khalis/aa.

Puncak gerhana matahari cincin ini pada pukul 11.55 menit 20 detik
Simeulue (ANTARA) - Ribuan masyarakat Kabupaten Simelue menunaikan shalat khusuf (gerhana matahari cincin) yang melintasi langit wilayah kepulauan di Provinsi Aceh itu dengan sempurna, Kamis.

"Saya terpanggil untuk shalat gerhana. Allah memperlihatkan kekuasaannya, mudah-mudahan ini menjadi pelajaran untuk anak kita agar lebih dekat kepada Allah SWT," kata warga Simeulue Timur Muhammad Nasir menjelang menunaikan shalat di Masjid Baiturrahman Sinabang, Ibukota Kabupaten Simelue.

Baca juga: Gerhana matahari cincin terlihat sempurna di Simeulue

Warga lainnya, Sri Sunomi menyebutkan fenomena gerhana matahari cincin belum tentu dapat disaksikan kembali pada masa akan datang. Momen ini menjadi sarana belajar bagi anak-anak penerus bangsa.

Baca juga: Wali Kota Tanjungpinang pimpin shalat gerhana matahari

"Sekalian pembelajaran, momen ini kan terjadinya lama. Jadi kebetulan bisa kita ajarkan kepada anak-anak fenomena ini terjadi di Simeulue, mereka bisa kita ajarkan langsung dengan adanya sarana-sarana yang disediakan," katanya.

Baca juga: Ribuan orang antusias lihat gerhana matahari tampak utuh di Siak

Sejak pukul 09.00 WIB, warga Simeulue dari lintas umur mulai berbondong-bondong menuju ke halaman Masjid Baiturrahmah Sinabang.

Mereka ingin menyaksikan secara langsung fenomena gerhana matahari cincin pada 2019 yang hanya terjadi dua wilayah di Aceh yakni Simeulue dan Kabupaten Aceh Singkil. Sedangkan daerah lain hanya gerhana matahari sebagian.

Usai melihat proses terjadinya gerhana, warga menunaikan shalat khusuf sekaligus mendengar ceramah dari khatib Dr Suhrawardi Ilyas Msc yang menjelaskan tentang fenomena alam tersebut secara detail baik dari sisi Islam maupun sains.

Gerhana matahari mulai berlangsung pukul 10.07 menit 06 detik, hingga gerhana berakhir pada pukul 13.54 menit 38 detik. Gerhana matahari cincin mulai pukul 11.53 menit 51 detik hingga berakhir pada pukul 11.56 menit 54 detik.

"Puncak gerhana matahari cincin ini pada pukul 11.55 menit 20 detik," kata Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh Alfirdaus Putra.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Fenomena Awan Arcus di pesisr barat Aceh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar