Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin terus mendorong para wakil rakyat di Kalimantan Selatan agar dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi di Banjarmasin, Kamis, anggota legislatif dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus bermuara pada semangat mengawal roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Mesin partai di Kalsel belum mampu antarkan putra daerah ke kabinet

Untuk mengingatkan tugas dan fungsi tersebut, kata Sutarto, pihaknya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) rutin menggelar bimbingan teknis (Bimtek) sebagai upaya optimalisasi peranan pimpinan dan anggota DPRD.

Sutarto menjelaskan, wakil rakyat yang melaksanakan fungsi pembuat raperda, pengawasan, dan penganggaran, setiap keputusan yang diambil akan berpengaruh kepada masyarakat.

Baca juga: Forum Rektor minta kedepankan dialog atasi polemik bangsa

Kemudian anggota dewan juga dapat menerima aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat untuk diperjuangkan ke eksekutif agar diwujudkan.

"Oleh karena itu, koordinasi yang baik antara legislatif dan eksekutif penting, karena merupakan pendorong yang kuat dalam peningkatan ekonomi daerah," tuturnya.

Baca juga: ULM raih 15 paten sepanjang 2019

Sutarto pun mengingatkan wakil rakyat agar tidak hanya pada momentum menjelang pemilu rajin turun menyapa masyarakat dengan tujuan politis agar dipilih, melainkan harus bisa membuktikan kapasitasnya sebagai pejuang aspirasi warga yang muaranya demi kesejahteraan yang lebih baik.

"Masyarakat juga kami harapkan dapat lebih cerdas dan menolak segala politik uang. Kalau sudah main sogok, dipastikan wakil rakyat yang dipilih tidak baik orangnya dan tidak akan bisa memperjuangkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019