"Polair sendiri melakukan pengamanan di area wisata pantai dan pos terpadu di beberapa titik penyeberangan kapal baik Pelabuhan Gilimanuk, Padang Bai dan Pelabuhan Benoa, dan sampai saat ini masih nihil kejadian," kata Kasatgas V Kombes Hadi Purnomo,
Denpasar (ANTARA) - Direktorat Polisi Perairan dan Udara Kepolisian Daerah Bali bersama jajaran Polairud Polresta Denpasar meningkatkan pengamanan di area wisata pantai wilayah Denpasar menjelang liburan Tahun Baru 2020.

"Polair sendiri melakukan pengamanan di area wisata pantai dan pos terpadu di beberapa titik penyeberangan kapal baik Pelabuhan Gilimanuk, Padang Bai dan Pelabuhan Benoa, dan sampai saat ini masih nihil kejadian," kata Kasatgas V Kombes Hadi Purnomo, saat dikonfirmasi, di Denpasar, Kamis.

Ia menyebutkan telah menyiapkan empat pos siaga di Denpasar dengan total 52 personel dalam menghadapi libur Tahun Baru. Persebarannya yaitu dari Posko Sanur dengan 12 personel, Posko Kuta 12 personel, Posko Serangan 12 personel, dan Posko Benoa 16 personel.
Baca juga: Kapolda Bali pantau pergantian tahun di Kuta

Hadi Purnomo menambahkan, selain melakukan pengamanan dengan menyediakan posko dan menyiagakan personelnya. Pihaknya juga melakukan patroli rutin di setiap tempat wisata pantai untuk tetap menjaga dan mengantisipasi kecelakaan laut.

Pihaknya juga berharap para nelayan, wisatawan domestik maupun mancanegara agar selalu mengikuti peraturan yang telah diberikan dan waspada terhadap situasi dan kondisi di area pantai.

Salah satunya, di Pantai Sanur terlihat kunjungan wisatawan domestik lebih dominan memanfaatkan rekreasi di area pantai, seperti berenang, dan menikmati wisata di laut sedangkan wisatawan mancanegara lebih banyak melakukan aktivitas penyeberangan menuju Nusa Penida.

Para wisatawan yang berkunjung ke pantai, tidak diperkenankan berenang di atas pukul 19.00 WITA dan penyeberangan juga tidak diperbolehkan di atas pukul 17.00 WITA.

"Seperti di Sanur sudah dibagi personel yang melakukan penjagaan di posko per shiftnya, dibuka selama 24 jam, agar kondisi sekitar area pantai tetap terpantau," ujarnya pula.
Baca juga: Polisi patroli keliling Pantai Kuta
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019