Jakarta (ANTARA) - Chelsea terpuruk dalam laga Boxing Day Liga Inggris setelah dipermalukan tamunya Southampton dengan skor 0-2 di Stadion Stamford Bridge, London, Kamis.

Hasil itu jadi kekalahan ketiga Chelsea dalam lima pertandingan yang sudah dijalani sepanjang bulan Desember, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Jika di laga penutup tahun melawan Arsenal tak berakhir positif, bukan tak mungkin manajer Frank Lampard harus meminta pihak manajemen menggelontorkan dana besar dalam bursa transfer musim dingin nanti demi "menyelamatkan" penampilan Chelsea.

Baca juga: Lampard bersumpah tak ulangi kesalahan pendahulunya soal pemain muda

Chelsea tertahan di peringkat keempat dengan koleksi 32 poin, sedangkan Southampton (21) menjauh dari zona degradasi dan kini berada di urutan ke-14.

Dominasi 66 persen penguasaan bola yang dimiliki Chelsea sepanjang laga tak menghasilkan apapun dan gawang mereka malah dibobol dua kali oleh Michael Obafemi dan Nathan Redmond, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Chelsea sebetulnya sempat mengancam gawang tim tamu melalui Callum Hudson-Odoi dan Fikayo Tomori. Namun sepakan Hudson-Odoi membentur barisan pertahanan Southampton, sedangkan sundulan Tomori terlalu lemah dan mudah diamankan kiper James McCarthy.

Dua kegagalan itu harus dibayar mahal ketika Obafemi memecahkan kebuntuan pada menit ke-31 dengan menghindari hadangan Tomori sebelum melepaskan tembakan keras yang bersarang ke sudut kiri gawang tuan rumah. Southampton unggul 1-0 atas Chelsea.

Tuan rumah hampir membalas pada menit ke-39 lewat situasi pseak pojok yang dikirimkan Willian dan disambut oleh kapten Cesar Azpilicueta, bola sempat berbelok terkena badan Stuart Armstrong tetapi McCarthy sigap bereaksi mengamankan gawangnya lagi.

Baca juga: Southampton tebalkan benteng pertahanan Januari nanti

Memasuki babak kedua, Lampard memasukkan Mason Mount menggantikan Kurt Zouma mengabaikan skema tiga bek yang diterapkan sebelumnya.

Namun, Southampton malah hampir menggandakan keunggulan empat menit usai sepak lanjut ketika Redmond melewati Antonio Ruediger dan mengirimkan umpan tarik yang berusaha diselesaikan Che Adams, beruntung Tomori kali ini sigap menghalau bola.

Chelsea balik berusaha menekan tamunya, tetapi tembakan jarak jauh Willian melambung dan Dale Stephens pasang badan menghalangi peluang Hudson-Odoi.

Kerja keras lini depan Chelsea tak dibarengi pertahanan mereka yang lalai dan berhasil dimanfaatkan optimal oleh Southampton. Pada menit ke-73 Armstrong mengirim umpan yang sempat membentur bek Chelsea namun bola tetap tiba di hadapan Redmond untuk disontek memperdaya kiper Kepa Arrizabalaga.

Chelsea berusaha keras untuk mengejar defisit dua gol dalam sisa waktu yang ada, tetapi peluang terbaik mereka baru lahir pada menit pertama injury time melalui sepak Mount itu pun masih bisa dimentahkan oleh McCarthy.

Southampton membawa pulang tiga poin dari Stamford Bridge sebagai hadiah pribadi mereka di momen Boxing Day, sedangkan Chelsea tak mendapat apapun selain pelajaran.

Chelsea selanjutnya akan bertandang ke tetangganya sesama klub London untuk menghadapi Arsenal pada Minggu (29/12), sedangkan Southampton bermain sehari lebih cepat menjamu Crystal Palace.

Baca juga: Tottenham bangkit atasi Brighton 2-1
Baca juga: Jadwal Boxing Day: dua tim teratas bersua, debut Ancelotti dan Arteta


Susunan pemain:

Chelsea (3-4-2-1): Kepa Arrizabalaga; Antonio Ruediger, Kurt Zouma (Mason Mount), Fikayo Tomori; Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Jorginho, Emerson; Willian (Pedro), Callum Hudson-Odoi (Christian Pulisic); Tammy Abraham
Pelatih: Frank Lampard

Southampton (4-4-2): Alex McCarthy; Cedric Soares, Jan Bednarek, Jack Stephens, Ryan Bertrand; Stuart Armstrong (Oriol Romeu), James Ward-Prowse, Pierre Emile Hojbjerg, Nathan Redmond; Che Adams (Sofiane Boufal), Michael Obafemi (Danny Ings)
Pelatih: Ralph Hassenhuetl

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019