Mukomuko (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiagakan sejumlah puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dari dan luar daerah ini dalam 24 jam selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di wilayah tersebut. "Kami siagakan puskesmas yang berada sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama libur Natal dan tahun baru,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Ia menyebutkan, beberapa puskemas sepanjang Jalinsum tersebut yakni puskemas yang berada di wilayah Desa Bantal, Kecamatan Teramang Jaya, Puskesmas di Kecamatan Pondok Suguh, Puskemas di Kecamatan Air Rami, Puskemas Kecamatan Ipuh, Puskesmas di Desa Bukit Mulya.

Baca juga: Libur Natal, puskesmas tetap buka 24 jam

Sedangkan puskesmas yang juga berada dekat dengan Jalinsum seperti Puskemas Kecamatan Lubuk Pinang sudah ada pos pengamanan (Pospam) dan anggotanya terdiri dari gabungan polisi, TNI, unsur pemerintah yang terdiri dari petugas kesehatan.

Ia menyatakan, pihak menerapkan sistem piket terhadap petugas medis dan para medis yang berada di setiap puskesmas yang berada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah ini.

Ia menyebutkan, sebanyak dua hingga tiga orang petugas medis dan paramedis yang menjalankan tugas piket di setiap puskesmas yang disiagakan selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu, ia mengatakan, instansinya juga menyiagakan sebanyak 11 mobil ambulans di 11 puskesmas perawatan dan rawat jalan di daerah dan sebanyak tiga unit mobil ambulans di tiga pospam perayaan Natal dan tahun baru.

“Kami juga menugaskan minimal sebanyak tiga orang tenaga medis dan paramedis di setiap pospam Natal dan tahun baru yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan,” ujarnya pula.

Baca juga: Kadinkes pastikan Puskesmas laksanakan instruksi bupati selama libur


Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019