Kulit pisang bisa bantu turunkan berat badan

Kulit pisang bisa bantu turunkan berat badan

Ilustrasi buah pisang (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Pisang adalah salah satu makanan super karena tidak hanya kaya serat, namun juga merupakan sumber potasium yang berfungsi untuk menguatkan tulang

Baca juga: Lima buah biasa yang punya manfaat luar biasa

Selain mengandung enzim yang baik untuk pencernaan, pisang juga meningkatkan produksi hormon dopamin yang berfungsi untuk meningkatkan energi.

Tidak hanya itu saja, kulit pisang ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

Menurut ahli gizi dari Australia, Susie Bowell, kulit pisang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Bila dikonsumsi secara teratur, kulit pisang dapat memberikan nutrisi yang tepat untuk membantu mengecilkan lingkar pinggang karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Kulit pisang juga kaya akan vitamin B6, vitamin C, potasium dan magnesium.

Menurut para ahli gizi seperti dikutip dari Times of India, warna kulit pisang juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebagai contoh, warna hijau menandakan kulit pisang itu banyak mengandung asam amino esensial yang baik untuk kesehatan lambung.

Baca juga: Makan jangan buru-buru kalau tak ingin alami masalah ini

Kemudian warna kuning pada pisang menandakan kadar antioksodan yang sangat tinggi. Selain itu kadar melatonin pada kulit pisang juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Hingga saat ini para ahli masih melakukan sejumlah tes untuk membuktikan seberapa efektifnya konsumsi kulit pisang untuk menurunkan berat badan.

Namun, manfaat kulit pisang untuk kesehatan tetap tidak dapat dipungkiri. Kulit pisang dapat langsung dikonsumsi, direbus, atau dikukus.

Tapi pastikan kulit pisang dicuci bersih sebelum dikonsumsi supaya tidak ada bakteri yang mengganggu manfaat dari kulit pisang tersebut.

 

Baca juga: Enam tanda kekurangan vitamin D

Baca juga: Perempuan, hati-hati mencangklong tas berat

Baca juga: Kulit pisang bisa diolah jadi permen antihiperkolesterol



Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bahaya di balik lezatnya masakan Padang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar