Naikkan upah pesapon, Bupati Bogor dapat hadiah pelukan

Naikkan upah pesapon, Bupati Bogor dapat hadiah pelukan

Bupati Bogor, Ade Yasin saat mengumumkan kenaikkan upah pesapon Kabupaten Bogor di Taman Ampitheater Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019). ANTARA/M Fikri Setiawan

hargailah hasil kerja para pesapon dengan tidak membuang sampah sembarangan,
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor Ade Yasin dihadiahi pelukan hangat oleh para ibu-ibu penyapu jalanan (Pesapon) setelah resmi menaikkan upah pesapon di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang akan mulai berlaku tahun 2020.

"Alhamdulillah hari ini saya bisa merasakan pelukan hangat dari pesapon DLH Kabupaten Bogor. Di hadapan saya, para pesapon menyampaikan harapannya agar Pemerintah terus memperhatikan para pesapon," ujarnya usai menemui para ibu-ibu pesapon di Taman Ampitheater Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat.

Menurutnya, sudah sejak sembilan tahun silam upah pesapon yang merupakan mitra Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor tidak mengalami kenaikan. Kini, ia menaikkan upah yang semula Rp40 ribu per hari menjadi Rp50 ribu per hari.

Baca juga: 145 Petugas Kebersihan Bogor Dapat Kacamata Gratis
Baca juga: Kebun raya Bogor tambah petugas kebersihan


Tak hanya itu, perempuan yang juga merupakan Ketua DPW Jawa Barat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga menaikkan tunjangan kesehatan Rp100 ribu, dari semula Rp250 ribu, menjadi Rp350 ribu per bulan.

"Sebagai ungkapan rasa terimakasih dan apresiasi saya bagi para pesapon. Untuk warga Kabupaten Bogor, hargailah hasil kerja para pesapon dengan tidak membuang sampah sembarangan," kata Ade Yasin.

Ia berharap peningkatan upah itu dibarengi juga dengan peningkatan tanggung jawab dan etos kerja para pesapon.

Ade Yasin menyebutkan bahwa para pesapon harus merasa bangga karena sudah berbuat kebaikan untuk Kabupaten Bogor, sehingga dengan rasa bangga itu akan menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Sementara itu, salah satu Pesapon Kabupaten Bogor, Aminah (48) mengaku bersyukur atas adanya peningkatan upah dan tunjangan kesehatan pesapon Kabupaten Bogor. Melalui ekspresinya yang langsung memeluk Ade Yasin, Aminah berharap Pemerintah terus memperhatikan nasib pesapon.

"Terima kasih sekali buat Ibu Bupati sudah memperhatikan kami," ujar Aminah.

Baca juga: Pemkot Bekasi ikutkan petugas pesapon dalam Jamkesnas
Baca juga: Ratusan petugas penyapu jalan terima THR
Baca juga: Pontianak berikan paket lebaran bagi petugas kebersihan

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BNPB sebut longsor di Kabupaten Bogor seperti lelehan es krim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar