ICMI ajak umat tidak perdebatkan ucapan selamat ke pemeluk agama lain

ICMI ajak umat tidak perdebatkan ucapan selamat ke pemeluk agama lain

Ketua Umum ICMI Prof Dr Jimly Asshiddiqie usai Konpers: Refleksi Akhir Tahun dan Rekomendasi Silaknas ICMI tahun 2019 di ICMI Center Jakarta, Jumat (27/12/2019). ANTARA/Katriana

kita harus akrab, tetapi kita juga harus tetap berpegangan pada ayatullah
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengajak umat Islam untuk tidak memperdebatkan halal haramnya ucapan selamat kepada pemeluk agama lain saat mereka merayakan Hari Raya dan sebaliknya mengajak Muslim untuk menjadi sumber rahmat bagi semua.

"Ini kan hanya urusan pergaulan hidup. Enggak usah begitulah. Sesama orang Islam jangan ribut gara-gara mengucapkan selamat bagi umat agama lain," kata Ketua Umum ICMI Prof Dr Jimly Asshiddiqie dalam Konpers: Refleksi Akhir Tahun dan Rekomendasi Silaknas ICMI tahun 2019 di ICMI Center Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan umat Islam sebaiknya tidak lagi menutup diri dengan membatasi pergaulan karena tidak ingin mengucapkan selamat.

"Jangan kita menutup diri. Kita harus tampil sebagai umat Islam. Kita harus inklusif," katanya.

Baca juga: PBNU ucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Sambangi Gereja Theresia, pegiat lintas agama ucapkan Selamat Natal


Saat ini, umat Islam, katanya, perlu memperlihatkan sikap keberagaman yang sesuai dengan zamannya untuk dapat menghadapi perubahan.

"Kehidupan ini sunahnya Allah. Kita harus akrab, tetapi kita juga harus tetap berpegangan pada ayatullah. Akrab dengan sunatullah, akrab juga dengan ayat-ayat Allah (SWT)," kata dia.

"Supaya kita bisa tampil dengan kualitas dan integritas. Supaya kita bisa berperan. Jangan kita jadi kacung, jadi penonton, jadi orang yang tiap hari marah, jadi orang yang tiap hari dimusuhi orang lain," katanya lebih lanjut.

Ia berharap umat Islam tidak lagi mempermasalahkan ucapan selamat kepada pemeluk agama lain karena hal tersebut tidak dapat mengukur tingkat keimanan seseorang dalam menjalankan kehidupan beragama.

"Kalau memang iman enggak kuat ya jangan. Tetapi kalau orang yang imannya enggak terpengaruh enggak apa-apa mengucapkan selamat ke tetangga," katanya.

Baca juga: Ma'ruf Amin berkomentar soal ucapan selamat Natal
Baca juga: MUI Pusat belum pernah keluarkan fatwa ucapan Natal
Baca juga: Prabowo ucapkan selamat Natal kepada umat Kristiani

Pewarta: Katriana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wapres: ICMI harus bisa jawab tantangan umat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar