KLB bukan aib, sehingga harus disampaikan kepada masyarakat
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) untuk penyakit hepatitis A atau peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A (HAV), seiring dengan meningkatnya jumlah kasus penyakit tersebut di wilayah setempat.

"Kami putuskan status KLB hepatitis A sejak 26 Desember 2019 di Jember dan KLB bukan aib, sehingga harus disampaikan kepada masyarakat kalau ada peningkatan kejadian kasus penyakit itu, sehingga masyarakat diharapkan selalu waspada," kata Bupati Jember Faida di Jember, Jumat.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Jember tercatat sejak 16 November hingga 25 Desember 2019 telah ditemukan sebanyak 217 kasus dengan rincian sebanyak 82 kasus sudah terkonfirmasi sebagai hepatitis A, sedangkan sebanyak 135 kasus belum terkonfirmasi dari laboratorium.

Kasus hepatitis A sejak bulan September 2019 (minggu ke-36 hingga minggu ke-40) sebanyak 21 kasus, kemudian pada Oktober 2019 (minggu ke-41 hingga minggu ke-44) sebanyak 16 kasus, selanjutnya pada November 2019 (minggu ke-45 hingga minggu ke-48 sebanyak 78 kasus), dan pada Desember 2019 (minggu ke-49 hingga minggu ke-52 tercatat sebanyak 102 kasus).

Baca juga: Kemenkes ingatkan penanganan Hepatitis A harus cari sumber penularan
Baca juga: Kasus hepatitis A di Depok, pemerintah lakukan pencegahan penyebaran


"Kami berharap penyebaran penyakit hepatitis A dapat diatasi bersama. Penularan penyakit hepatitis A karena faktor makanan dan alat makan," ucap bupati perempuan pertama di Jember itu.

Ia menjelaskan penyebaran penyakit hepatitis A terbanyak di wilayah kampus yang berada di Kecamatan Sumbersari karena banyak penjual makanan di sana, sehingga Dinkes Jember melakukan screening untuk memantau penjaja makanan, agar mereka bisa menjual makanan secara higienis.

"Kami juga akan mendistribusikan air bersih di wilayah tersebut dan memantau perilaku hidup sehat mahasiswa dan masyarakat yang berada di daerah positif hepatitis A," katanya.

Dilihat dari wilayah persebarannya, tempat tinggal pasien Hepatitis A yang terdata tersebar di 19 wilayah Puskemas yakni Puskesmas Sumbersari mencatatkan angka tertinggi pasien Hepatitis A yaitu sebanyak 79 orang, kemudian Puskesmas Sukowono (44) dan Mangli (31) menempati urutan kedua dan ketiga.

Penyakit Hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV), virus itu menular melalui fecal-oral, yaitu melalui makanan atau minuman yang tercemar hepatitis A dan biasanya ditularkan oleh lalat yang menghinggapi tinja penderita hepatitis A.

Ciri-ciri penderita hepatitis A biasanya diikuti dengan demam yang tinggi, lesu dan lelah, mual dan muntah, tidak nafsu makan, mata dan pangkal kuku berwarna kuning, serta air kencing berwarna pekat.

Baca juga: Cegah hepatitis A lewat perilaku hidup bersih hingga vaksinasi
Baca juga: Tujuh siswa SDPN 252 Setiabudi Bandung alami hepatitis, sebut Dinkes


"Saya imbau agar masyarakat segera memeriksakan kesehatannya jika menemui tanda-tanda dan gejala hepatitis A, serta turut menjaga kebersihan lingkungan, menjaga makanan dan minuman, serta memberlakukan pola hidup sehat," ujarnya.

Agar penularan hepatitis A tidak semakin meluas, lanjut dia, Pemkab Jember mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan terutama penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah yang sehat, kemudian buang air bersih di jamban yang memenuhi standar kesehatan.

"Budayakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, sebelum memasak dan menghidangkan makanan, setelah buang air besar dan kecil dan berbagai kegiatan lainnya. Tidak kalah pentingnya adalah mengolah makanan dan minuman dengan baik dan sehat," katanya.

Baca juga: PMI gencarkan promosi edukasi kesehatan cegah mewabahnya Hepatitis A
Baca juga: PPHI: Cuci tangan pakai sabun cegah proses penularan Hepatitis A
Baca juga: Hepatitis A di Depok meluas daerah sekitar diminta waspada

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019