Kakorlantas perkirakan 35.000 kendaraan rayakan tahun baru di Bali

Kakorlantas perkirakan 35.000 kendaraan rayakan tahun baru di Bali

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono (kiri) meninjau arus lalu lintas kendaraan menjelang perayaan malam tahun baru di Simpang Buwagan, Denpasar, Bali, Jumat (27/12/2019). ANTARA/HO/Korlantas Polri

Kemarin wisatawan lokal yang melewati penyeberangan Gilimanuk sudah mencapai 17 ribu kendaraan, siang ini sudah bertambah menjadi 18 ribu kendaraan, dan ini akan terus bertambah diprediksi hingga 30 Desember mencapai 35 ribu kendaraan
Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono memperkirakan 35.000 kendaraan akan masuk ke Bali, guna merayakan malam tahun baru.

"Kemarin wisatawan lokal yang melewati penyeberangan Gilimanuk sudah mencapai 17 ribu kendaraan, siang ini sudah bertambah menjadi 18 ribu kendaraan, dan ini akan terus bertambah diprediksi hingga 30 Desember mencapai 35 ribu kendaraan," kata Irjen Pol. Istiono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Istiono mengatakan wisatawan domestik akan mendominasi perayaaan malam tahun baru pada beberapa objek wisata di Pulau Dewata.

Baca juga: Kakorlantas prediksi kepadatan saat pergantian tahun di Kuta

Pada kesempatan itu, Istiono sempat memantau kesiapsiagaan jajaran Ditlantas Polda Bali guna mengantisipasi gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas saat perayaan tahun baru.

Didampingi Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Wisnu, Kakorlantas Polri memantau lalu lintas di Simpang Buwagan Jalan Imam Bonjol, Denpasar karena kerap terjadi kepadatan kendaraan.

"Situasi lalu lintas di Simpang Buwagan adalah yang paling padat setiap hari, dari pagi hari hingga pukul 10.00 WIT, kemudian pukul 16.00 hingga 20.00 WIT dan ini harus dikelola dengan baik oleh jajaran Ditlantas Polda Bali," ujar Istiono.

Baca juga: Kakorlantas: "Car free night" di Pantai Kuta digelar pergantian tahun

Istiono menuturkan kemacetan yang sering terjadi di Simpang Buwagan Denpasar disebabkan jalan tersebut merupakan akses jalan besar kendaraan yang akan masuk ke Kuta dan sebaliknya.

Istiono menggagas pembangunan underpass pada jalur Kuta-Denpasar guna mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas hingga 40 persen di persimpangan Buwagan.

Kakorlantas menganalisa posisi dan jarak koordinat di persimpangan Buwagan tidak simetris yang menyebabkan kemacetan sehingga perlu langkah yang tepat dalam mengantisipasi gangguan lalu lintas di kawasan tersebut.

Baca juga: Kakorlantas imbau pemudik penuhi BBM sebelum masuk Tol Trans Sumatera

Baca juga: Kakorlantas prediksi pemudik Natal melalui Merak meningkat

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polisi batasi kendaraan wisatawan menuju Pantai Anyer

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar