Penyebab kanopi sekolah ambruk akibat instalasi sangat rapuh

Penyebab kanopi sekolah ambruk akibat instalasi sangat rapuh

Rombongan anggota DPRD DKI Jakarta Komisi E dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta meninjau rangka sisa kanopi yang ambruk di SDN 10 dan 12 Kembangan Utara, Jakarta, Jumat (27/12/2019). (ANTARA/DEVI NINDY)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengungkapkan penyebab kanopi SDN 10 dan 12 Kembangan Utara ambruk akibat instalasi yang sangat rapuh.

"Instalasinya itu sangat rapuh, baut-baut yang dipasang, ketika baut-baut dipasang dan instalasi tidak sesuai, maka jadi permasalahan," ujar Zita di Jakarta, Selasa.

Selain itu, hujan deras dan angin kencang pada Rabu (25/12) menyebabkan instalasi kanopi sekolah itu tak kuat menahan terpaan dan ambruk seketika di pagi hari.

Puing-puing kanopi tersebut membuatnya merasa miris karena tampak ambruk total. Zita mengaku telah memeriksa hingga material besi yang digunakan.

"Besi-besinya bagus, cuma baut untuk menempelkan ke besi itu sangat kecil, makanya jatuh," kata dia.

Baca juga: Kanopi SDN 12 Kembangan Utara ambruk
Baca juga: Kanopi SDN 12 Kembangan Utara ambruk segera diperbaiki


Pihaknya sudah membicarakan dengan Dinas Pendidikan DKI dan rencananya persoalan kanopi sekolah ambruk dijanjikan beres sebelum 6 Januari, bertepatan hari masuk sekolah.

Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) juga akan dilibatkan bersama dalam evaluasi pembangunan kanopi di sekolah itu.

Zita mengatakan anggota DPRD DKI Komisi E dari masing-masing daerah pilih (dapil) akan diterjunkan untuk mendata ulang semua
sekolah-sekolah yang layak mendapatkan rehabilitasi sebagian atau rehabilitasi total pada 2021.

"Kita akan evaluasi begitu ada kemajuan," kata dia.


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Persoalkan lembur, SP TransJakarta datangi DPRD DKI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar