giat wasdal ini untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan angkutan
Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat penumpang kapal rute Pelabuhan Tanjung Kalian (Pulau Bangka) tujuan Palembang Provinsi Sumatera Selatan menjelang Tahun Baru 2020 mencapai 1.855 orang atau mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya sebanyak 1.261 orang.

"Kita lebih mengintensifkan kegiatan pengawasan dan pengendalian (wasdal) angkutan darat dan laut menjelang Tahun Baru 2020," kata Tim Wasdal Dishub Provinsi Kepulauan Babel, Hairudin di Pelabuhan Tanjung Kalian, Sabtu.

Ia mengatakan, saat ini sebanyak 10 petugas Tim Wasdal Dishub Babel dikerahkan untuk meninjau langsung kondisi di lapangan, terutama terkait keberangkatan dan kedatangan penumpang maupun barang di Pelabuhan Tanjung Kalian yang mengalami peningkatan signifikan.

"Giat wasdal ini untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan angkutan, baik angkutan darat maupun kapal penyeberangan di Pelabuhan Tanjung Kalian," ujarnya.

Baca juga: Kapal perintis layani angkutan Natal warga 3T pulau Mapia
Baca juga: KSOP Banjarmasin "ramp check" kapal penumpang jelang libur akhir tahun
Baca juga: Kemenhub: 1.300 kapal disiapkan hadapi libur Natal dan Tahun Baru


Menurut dia berdasarkan rekapitulasi data produksi Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 dari Kantor ASDP Tanjung Kalian, menunjukkan operasi angkutan kapal penyeberangan cenderung naik dengan jumlah 10 trip kapal roro dan satu trip kapal cepat tujuan Palembang.

Jumlah penumpang kapal pada Jumat tercatat 1.855 penumpang (1.572 penumpang kapal roro dan 283 penumpang kapal cepat), penumpang pada Kamis sebanyak 1.261 orang dengan jumlah operasi kapal roro sebanyak sembilan trip dan pada H-1 Natal jumlah penumpang kapal roro 1.621 orang dan kapal cepat 149 penumpang.

"Untuk kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih yang menyeberang ke Palembang sejak Selasa hingga Kamis mencapai 997 unit kendaraan," katanya.

Ia menambahkan jumlah angkutan penyeberangan kapal roro sebanyak 10 kapal antara lain KMP Menumbing Raya, KMP Musi I, Kuala Batee II, Darma Sentosa, hingga Mutiara Pertiwi III. Untuk kapal cepat yang melayari rute Tanjung Kalian-Palembang yakni Express Bahari IX, dengan kapasitas 285 penumpang.

"Hingga saat ini jumlah kapal yang disiagakan masih memadai untuk mengangkut masyarakat yang akan merayakan Tahun Baru di Pulau Bangka maupun Palembang," katanya.

Baca juga: Pelni perkirakan kenaikan penumpang 5,8 persen selama Natal-Tahun BaruBaca juga: ASDP Tanjung Kalian layani 27.074 pemudik
Baca juga: ASDP Tanjung Kalian operasikan empat kapal

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019