Gibran ajak anak muda salurkan kreativitas

Gibran ajak anak muda salurkan kreativitas

Gibran saat membuka kompetisi esport Free Fire "Piala Mas Gibran" (Foto: ANTARA/Aris Wasita)

kampanyenya masih nanti
Solo (ANTARA) - Gibran Rakabuming Raka mengajak anak muda Kota Solo berani menyalurkan kreativitas salah satunya melalui kompetisi Esport Free Fire "Piala Mas Gibran".

"Kompetisi ini bukan hanya untuk main game tetapi juga untuk mencurahkan kreativitas anak muda," kata Gibran saat membuka kompetisi "Piala Mas Gibran" di Diamond Convention Center Solo, Sabtu.

Ia mengatakan dengan digelarnya kegiatan tersebut di Kota Solo, para "gamers" atau pemain tidak perlu datang ke Jakarta agar bisa mengikuti kompetisi serupa.

Baca juga: Pro kontra politik dinasti

Ia mengatakan jangan sampai kreativitas anak muda Kota Solo tidak tersalurkan dan tersingkirkan.

"Jangan sampai juga orang tua berpikir bahwa main game itu hanya membuang waktu, sekarang pola pikir itu harus diubah karena sekarang esport menjadi profesi menjanjikan, gaji besar. Menang kompetisi hadiahnya juga besar," katanya.

Ia mengatakan dimasukkan esport sebagai salah satu cabang olahraga di Sea Games dan Asian Games juga berpotensi membanggakan Indonesia di kancah internasional.

Mengenai dipilihnya permainan Free Fire, dikatakannya, tidak ada alasan khusus.

"Ini bukan satu-satunya kegiatan yang akan diadakan tetapi juga akan ada event lain, game lain. Tunggu saja tahun depan," katanya.

Meski demikian, ia mengelak dihubungkannya kegiatan tersebut dengan aktivitas kampanyenya sebagai salah satu bakal calon Wali Kota Surakarta.

"'Nggak' ada hubungannya sama kampanye, kampanyenya masih nanti. Ini juga bukan event dadakan karena saya mencalonkan diri jadi wali kota," katanya.

Sementara itu, Head of Garena Indonesia yang merupakan penyedia platform aneka permainan "online" di Asia Tenggara sekaligus penyelenggara kompetisi esports yang konsisten mengangkat Free Fire, Hans Saleh, mengatakan selama ini belum pernah mengadakan kegiatan sebesar ini di Kota Solo.

"Ternyata animo anak muda Solo sangat luar biasa," katanya.

Pada kesempatan itu, adik Gibran, Kaesang Pangarep, mengatakan Piala Mas Gibran di Solo adalah awal dari rangkaian turnamen esports yang akan digelar oleh HEBAT dan sejumlah mitranya. Sebagaimana diketahui, HEBAT atau PT Harapan Bangsa Kita merupakan akselarator baru dengan fokus pada UMKM yang dirilis oleh Kaesang.

"Semoga saja kegiatan macam ini selain berkontribusi membangun ekosistem esports juga mendorong berkembangnya startup lokal yang bermula dari lingkup UMKM," katanya.

Baca juga: Gibran blusukan bertemu warga Karangasem Solo

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PDIP nilai Gibran punya modal khusus maju Pilkada Solo 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar