Kelemahan pemain-pemain Indonesia adalah stamina. Untuk itu saya akan mendatangkan pelatih fisik dari Korea
Jakarta (ANTARA) - PSSI resmi memperkenalkan Shin Tae-Yong dari Korea Selatan sebagai pelatih timnas Indonesia dengan masa kerja empat tahun, kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Finalisasi kontrak telah selesai dilaksanakan. Shin Tae-Yong akan menjalankan proyek jangka panjang selama empat tahun," kata Mochamad Iriawan pada perkenalan resmi Shin Tae-Yong sebagai pelatih timnas di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu.

Shin dan Mochamad menandatangani kontrak pada acara yang dihadiri juga wakil Ketua Umum Iwan Budianto dan Sekretaris Jenderal Ratu Tisha.

Mochamad yang akrab disapa Iwan Bule itu menuturkan bahwa target terdekat Shin adalah menyelesaikan perjalanan timnas pada kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan sebaik mungkin.

Pada Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia berada pada posisi juru kunci setelah lima kali kalah dari lima pertandingan.

Baca juga: Shin Tae-yong akan dikontrak selama tiga tahun

Mochamad mengatakan selain mengarsiteki timnas senior, Shin juga akan menjadi konsultan untuk timnas U-22 dan U-19.

Shin sendiri mengakui bahwa menangani Indonesia menjadi tantangan tersendiri apalagi Indonesia saat ini menghuni posisi 173 pada daftar peringkat FIFA.

"Kelemahan pemain-pemain Indonesia adalah stamina. Untuk itu saya akan mendatangkan pelatih fisik dari Korea," janji Shin.

Shin menggantikan Simon McMenemy yang gagal memenuhi target kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca juga: PSSI berharap pada tuah Shin Tae-yong

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019