Kementerian PUPR bantu bangun 102 rumah sehat warga Biak

Kementerian PUPR bantu bangun 102 rumah sehat warga Biak

Pembanguan 10 rumah sehat di distrik Biak Timur implementasi program nawacita pemerintah untuk penyediaan rumah bagi warga miskin.(ANTARA /Muhsidin)

bantuan rumah warga dengan sistem swakelola diprioritaskan untuk masyarakat kampung
Biak (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) pada Tahun Anggaran 2020 mengalokasikan dana sebesar Rp 9,5 miliar untuk melanjutkan program bantuan pembangunan 102 unit rumah sehat untuk warga di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

"Program bantuan rumah warga dengan sistem swakelola diprioritaskan untuk masyarakat kampung,"ujar Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Biak Simon Rumaropen menjawab ANTARA di Biak, Sabtu.

Ia mengakui, untuk pelaksanaan program bantuan rumah bagi warga di Kabupaten Biak Numfor akan ditentukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Baca juga: Pembangunan 2.000 rumah sehat di Badung-Bali mulai direalisasikan

Simon mengatakan, kebutuhan rumah tempat tinggal yang layak dan sehat di Kabupaten Biak Numfor mencapai 2.800 unit rumah hingga tahun 2019 masih sangat didambakan warga dari berbagai kampung dan distrik.

Dengan bantuan program rumah swakelola ini, menurut Simon, akan memberikan manfaat langsung bagi setiap rumah tangga penerima bantuan perumahanan.

Selain program rumah warga, menurut Simon, pada tahun 2020 pihak Pemkab Biak Numfor juga akan mendapat tambahan pembangunan 20 unit rumah khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) berlokasi di kampung Darfuar distrik Samofa.

"Saya harapkan program bantuan rumah khusus ASN dan rumah warga di berbagai kampung Biak Numfor dapat berjalan lancar sesuai jadwal,"harap mantan kepala distrik Biak Kota itu.

Berdasarkan data pada tahun 2019 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR ) mengalokasikan dana sebesar Rp4,8 miliar untuk program bantuan hibah perbaikan rumah warga di Kabupaten Biak Numfor.

Baca juga: Atasi "stunting" di Parigi Moutong, Rumah Sehat Baznas ikut membantu

Pewarta: Muhsidin
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah sederhanakan prosedur pencairan dana bantuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar