Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan dan jajaran menggelar operasi cipta kondisi khusus pada setiap akhir pekan dan hari libur nasional untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat saat menikmati suasana libur dari berbagai aktivitas rutin.

"Menjelang dan saat hari libur tersebut masyarakat memanfaatkannya untuk bersenang-senang, berbelanja, makan-makan bersama teman dan keluarga, jangan sampai suasana ceria tersebut terganggu dengan aksi kejahatan dan kemacetan arus lalu lintas," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto di Palembang, Sabtu.

Baca juga: Kapolda Sumsel pastikan jalur tol trans Sumatera aman

Dengan kehadiran personel kepolisian di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Dalam operasi cipta kondisi tersebut, Polda Sumsel mengutamakan personel dari 17 satuan wilayah (Polres) untuk melakukan berbagai tindakan antisipasi gangguan kamtibmas.

Baca juga: Kapolda Sumsel siap kawal investor kelola potensi daerah

"Melalui operasi khusus kepolisian itu diharapkan segala bentuk kegiatan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kenyamanan masyarakat untuk melakukan aktivitas pada hari libur akhir pekan dapat dicegah," katanya.

Dalam kegiatan operasi cipta kondisi, kata dia, siapapun yang terbukti melakukan tindakan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum.

Baca juga: Polda Sumsel-Kodam Sriwijaya tingkatkan sinergisitas

"Dengan penegakan hukum secara tegas diharapkan dapat mencegah terjadinya berbagai pelanggaran hukum dan gangguan kamtibmas serta kamseltibcarlantas pada saat masyarakat menikmati libur akhir pekan," kata Kapolda Priyo.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019