Rekomendasi copot papan reklame di Cengkareng sejak dua tahun lalu

Rekomendasi copot papan reklame di Cengkareng sejak dua tahun lalu

Papan reklame iklan roboh di Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (28/12/2019). Kejadian itu mengakibatkan seorang pengendara motor tertibah hingga tewas. ANTARA/HO Damkar Cengkareng/am.

Surat sudah dikirimkan sejak tahun 2017 atau 2018 untuk dilakukan pembongkaran
Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Jakarta Barat Hendarto menyebut surat rekomendasi untuk menertibkan reklame yang tumbang di Jalan Daan Mogot KM 13 Cengkareng, Jakarta Barat, telah dikirimkan sejak dua tahun lalu.

"Sudah lama sekali. Sudah dari tahun 2017 atau 2018. Ada (suratnya) sudah diusulkan untuk dibongkar," kata Hendarto di Jakarta, Sabtu.

Hendarto menjelaskan berdasarkan regulasi baru maka yang berwenang untuk menertibkan reklame yakni Satuan Polisi Pamong Praja dan Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Jakarta Barat.

Adapun BPRD Jakarta Barat hanya sebatas memberikan rekomendasi. "Kita enggak boleh menertibkan reklame sesuai dengan Pergub (Peraturan Gubernur) yang baru, kewenangannya ada di Citata dan Satpol," ujar dia.

Hendarto menjelaskan reklame tumbang di Cengkareng adalah punya kewenangan Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (UPPRD) Kecamatan setempat, dalam hal ini Cengkareng.

Kedua, reklame itu sudah lama sekali kosong, dan UPPRD Kecamatan Cengkareng telah bersurat ke Satpol dan Citata untuk menertibkan reklame yang ada disekitar, termasuk reklame yang roboh.

Terpisah, Kasatpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat menyatakan belum mendapat rekomendasi untuk menertibkan papan reklame di Jalan Daan Mogot KM 13, Cengkareng, Jakarta Barat yang kondisinya sudah tak layak.

Baca juga: Polisi: Rangka keropos penyebab reklame tumbang di Cengkareng

Baca juga: Reklame roboh di Cengkareng tiban pengendara motor hingga tewas

Baca juga: Damkar Jaktim mutilasi papan reklame roboh untuk evakuasi


"Saya belum pernah terima surat itu, kan kita enggak tahu tertulis, kalau itu kan katanya (sudah melapor)," kata Tamo.

Sebelumnya, pengemudi ojek "online" dilaporkan meregang nyawa usai tertimpa papan reklame yang roboh di Jalan Daan Mogot Raya, Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Sabtu.

"Korban atas nama Rusinto (49) warga Jatisampurna, Kota Bekasi," kata Kepala Damkar Sektor Cengkareng, Daryana, di Jakarta.

Papan reklame seukuran 7 x 5 meter di Jalan Daan Mogot Raya KM13 RW04 itu dilaporkan roboh pukul 11.00 WIB saat hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Jakarta Barat.



 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Razia PKB sisir kendaraan PNS Kantor Wali Kota Jakbar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar