Jakarta (ANTARA) - Leicester City memetik kemenangan 2-1 atas tuan rumah West Ham United dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris demi memastikan menutup tahun 2019 dengan tetap berada di atas juara bertahan Manchester City.

Bertandang ke Stadion Olimpiade, London, pada Sabtu setempat (Minggu WIB), gol Kelechi Iheanacho dan Demarai Gray memastikan kemenangan Leicester setelah tuan rumah sempat membalas melalui Pablo Fornals, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan atas West Ham membuat Leicester mantap di posisi kedua klasemen dengan koleksi 42 poin tak akan terkejar oleh Man City (38) yang baru main pada Minggu setempat (Senin WIB). Sementara bagi West Ham (19), kekalahan ini membuat mereka diambang zona degradasi dan hanya terpaut satu strip dari Aston Villa.

Tim besutan Brendan Rodgers memasuki pertandingan bangkit dari catatan dua kekalahan beruntun dari Man City dan Liverpool. Hal itu berhasil diterjemahkan lewat sebagaimana statistik pertandingan memperlihatkan Leicester menemui sasaran empat kali dari lima percobaan tembakan sepanjang laga dan menguasai hampir 60 persen pengendalian bola.

Baca juga: Rodgers ingin Leicester tak berlarut-larut dengan kekecewaan

Leicester seharusnya bisa unggul cepat saat memasuki menit ke-9 melalui titik putih. Kelechi Iheanacho yang lepas jadi jebakan offside menerima umpan Ayoze Perez dijatuhkan Fabianski di kotak penalti.

Demarai Gray yang mengambil eksekusi gagal mengecoh pergerakan Fabianski dan bola langsung disapu bek West Ham.

Gol Leicester baru tercipta saat laga memasuki menit ke-40 yang dicatatkan Iheanacho. Berawal dari umpan lambung Albrighton di sisi kanan menuju Ayoze Perez, bola berhasil sundul dan menemui kepala Iheanacho yang tinggal menceploskannya.

Gol itu tak bertahan lama, lima menit berselang Pablo Fornals membawa kedudukan kembali imbang 1-1 lewat skema apik satu dua Filipe Anderson-Ryan Fredericks.

Anderson yang kembali menerima bola memberikan umpan silang terukur dari sisi kanan pertahanan Leicester kepada Fornals yang tinggal menyonteknya. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Baca juga: Pemain West Ham kecelakaan, Lamborghini-nya seruduk taman

Pada babak kedua, Leicester tak mengendurkan serangan Christian Punch mencoba peruntungan lewat sepakan mendatar dari luar kotak penalti. Namun Fabianski masih sigap mengamankan bola.

Gol kedua Leicester datang saat memsuki menit ke-57. Demarai Gray membalas kesalahannya pada babak pertama dengan mencetak gol untuk membawa The Foxes kembali unggul.

Setelah gol itu seolah akan terjadi De Javu seperti ada paruh pertama. Fabian Balbuena hampir membawa skor kembali imbang. Sundulannya menerima umpan silang Manuel Lanzini masih bisa diselamatkan Kasper Schmeichel.

Sejumlah peluang diciptakan kedua tim, namun hingga wasit membunyikan peluit panjang skor 2-1 tetap bertahan untuk kemenangan Leicester atas West Ham United.

Baca juga: Watford lumat Aston Villa dengan 10 pemain
Baca juga: Bulan madu Ancelotti berlanjut, Everton bawa tiga poin dari Newcastle


Susunan pemain:

West Ham United (4-2-3-1): Lukasz Fabianski; Ryan Fredericks, Fabian Balbuena, Issa Diop, Arthur Masuaku; Declan Rice, Carlos Sanchez (Robert Snodgrass); Pablo Fornals, Manuel Lanzini (Albian Ajeti), Felipe Anderson; Sebastien Haller (Michail Antonio).
Pelatih: Manuel Pellegrini

Leicester City (4-2-3-1): Kasper Schmeichel; James Justin, Wes Morgan, Jonny Evans, Christian Fuchs; Hamza Choudhury, Nampalys Mendy (Ndidi); Marc Albrighton, Ayoze Perez (James Maddison), Demarai Gray (Barnes); Kelechi Iheanacho.
Pelatih: Brendan Rodgers

Baca juga: Brighton tutup 2019 dengan hentikan rentetan kekalahan
Baca juga: Jadwal Liga Inggris: Liverpool dan euforia Wolverhampton di Anfield

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019