Empat unit bus air bantuan Kemenhub dengan kapasitas angkut 20 penumpang akan mendukung program strategis pariwisata nasional ..
Biak (ANTARA) - Kementerian Perhubungan memberikan bantuan empat unit bus air untuk melayani kebutuhan transportasi angkutan laut bagi masyarakat di wilayah kepulauan Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada tahun anggaran 2020.

"Empat unit bus air bantuan Kemenhub dengan kapasitas angkut 20 penumpang akan mendukung program strategis pariwisata nasional untuk melayani kebutuhan transportasi laut tujuan Pulau Owi-Biak Kota dan distrik kepulauan Padaido-Aimando,"ungkap Kepala Dinas Perhubungan Biak Fransisco Olla dihubungi di Biak, Minggu.

Ia mengakui, selama ini sarana angkutan laut menuju ke berbagai kampung dan tempat objek wisata masih sangat kurang sehingga belum maksimal melakukan pelayanan angkutan warga di daerah kepulauan.

Kadishub Olla berharap dengan disediakan empat unit angkutan kapal bus air diharapkan dapat membatu masyarakat dalam berpergian serta mendistribusikan hasil perikanan dan kebun ke kota Bak sekitarnya.

Baca juga: Pengamat: Tingkatkan pengawasan transportasi laut Natal-Tahun Baru

Menyinggung alokasi anggaran bus air bantuan Kemenhub, menurut Kadishub Francisco Ollah, sesuai data jumlahnya mencapai sebesar Rp800 juta.

"Sumber dana untuk pengadaan bantuan empat unit bus angkutan air di Kabupaten Biak Numfo berasal dari dukungan dana alokasi khusus Kementerian Perhubungan,"ungkap Kadishub Biak Francisco.


Kadishub Olla berharap,  dukungan bantuan sarana transportasi laut dari pemerintah pusat diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian warga berbagai kampung di Kepulauan Padaido dan Aimando.


Hingga, Minggu, pantauan Antara di pelabuhan laut Biak aktvitas pelayanan angkutan laut berlangsung normal melayani kebutuhan warga kepulauan Biak sekitarnya.

Baca juga: Kementerian PUPR bantu bangun 102 rumah sehat warga Biak
 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019