...khusus untuk bus antar lintas batas negara tujuan ke Kuching sampai tanggal 3 Januari 2020 mendatang rata - rata yang melayani sudah penuh dipesan pesan penumpang.
Pontianak (ANTARA) - Arus penumpang bus di Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kalimantan Barat, meningkat cukup signifikan pada momen Natal 2019 dan menjelang Tahun Baru 2020 yakni capai 30 persen dibanding hari biasanya.

"Penumpang bus baik angkutan antarkota dalam provinsi, antarkota antarprovinsi maupun antar lintas batas negara dibanding hari biasa meningkat di kisaran 20 persen - 30 persen sejak menjelang Natal 2019. Kemudian sekarang menjelang Tahun Baru 2020 juga demikian," ujar Kepala Satuan Pelaksana ALBN Sungai Ambawang Kristianto di Kubu Raya, Minggu.

Bahkan kata Kristianto khusus untuk bus antar lintas batas negara tujuan ke Kuching sampai tanggal 3 Januari 2020 mendatang rata - rata yang melayani sudah penuh dipesan pesan penumpang.
Baca juga: Penumpang bus di terminal batas negara Ambawang Kalbar meningkat

"Jadi permintaan masyarakat untuk angkutan umum meningkat.Ini sudah menjadi pola tahunan di setiap momen hari besar keagamaan dan tahun baru meningkat dari hari biasa," papar dia.

Kristianto menyebutkan jumlah penumpang per hari contohnya pada Jumat, 27 Desember 2019 untuk antar lintas batas negara, kedatangan ada 12 bus dan keberangkatan 14 bus.

Kemudian, untuk bus antarkota dalam provinsi untuk keberangkatan total ada 16 bus dan kedatangan kedatangan ada 8 bus.

"Sedangkan untuk antarkota antarprovinsi ada 1 bus dengan jumlah 29 orang," kata dia.
Baca juga: Menjadikan perbatasan sebagai pendongkrak ekonomi lokal
Baca juga: Wagub Kalbar harapkan TDM bantu memaksimalkan pengamanan perbatasan


Pihaknya dari ALBN sendiri dari terus berkomitmen memberikan layanan dengan maksimal kepada penumpang. Sehingga kenyamanan penumpang menjadi prioritas.

"Kami terus maksimalkan layanan. Semoga semua aktivitas lalu lintas penumpang lancar, nyaman dan aman," kata dia.

Sebelumnya, beberapa hari menjelang perayaan Natal 2019 penumpang baik dari dan ke ALBN Sungai Ambawang mulai ramai dipadati penumpang.

Antar jemput penumpang baik dari keluarga penumpang maupun jasa ojek di kawasan tersebut tampak selalu ada. Posko untuk Natal 2019 dan Tahun Baru 2019 juga tersedia dari berbagai unsur dalam rangka memberikan informasi dan melayani serta lainnya.
Baca juga: Jalan perbatasan RI-Malaysia di Simpang Silat butuh perhatian serius

Pewarta: Dedi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019