Pesawat domestik di Bandara Kualanamu H+3 Tahun Baru 24 unit

Pesawat domestik di Bandara Kualanamu H+3 Tahun Baru 24 unit

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin melakukan sidak pos Pam Natal dan Tahun Baru di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang. ANTARA/HO/pri.

Medan (ANTARA) - Pesawat domestik yang datang dan berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Natal Tahun 2019, H+3 Tahun Baru 2020 mencapai 24 Unit, dan penumpang sebanyak 3.086 orang, Sabtu (28/12).

Data yang diperoleh dari Posko PT Angkasa Pura II (Persero), Minggu, menyebutkan jumlah pesawat yang datang 9 unit, dan berangkat 15 unit.Total seluruh pesawat mencapai 24 unit.

Sedangkan, jumlah penumpang domestik yang datang mencapai 1.485 orang dan berangkat 1.601 orang.Total penumpang seluruhnya mencapai 3.086 orang.

Sementara, pesawat internasional yang datang 5 unit, dan berangkat 8 unit. Jumlah seluruhnya pesawat mencapai 13 unit.

Penumpang internasional yang datang 646 orang dan berangkat 1.257 orang.Total penumpang seluruhnya mencapai 1.903 orang.

Dari segi fasilitas dan infrastruktur Bandar Udara Internasional Kualanamu mampu melayani pendaratan dan penerbangan pesawat berbadan besar, yakni Airbus A380 dan pesawat sejenisnya.

Bandara Internasional Kualanamu juga mampu menampung 35 pergerakan pesawat per jam.

Sebelumnya, Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, membuka posko terpadu yang akan beroperasi 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru.

Executive General Manajer PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Internasional Kualanamu Bayuh Iswantoro di Deli Serdang, mengatakan lokasi dari posko terpadu bertempat di selasar terminal kedatangan.

Posko tersebut, menurut dia, dilengkapi dengan monitor dan komputer yang terhubung langsung dengan pusat informasi seperti jadwal penerbangan, kondisi cuaca, CCTV dan informasi pendukung lainnya.

"Selain itu, terdapat juga petugas dan fasilitas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," ujar Bayuh.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mengoptimalkan beragam fasilitas, peralatan, dan personel untuk mendukung pelayanan keamanan bagi pengguna jasa Bandara, termasuk menyiagakan 645 orang antara lain dari unsur Avsec, TNI/Polri dan Satpol PP.

Demi kelancaran perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polda Sumut juga mengerahkan 7.000 personel pengamanan dari Polri-TNI, menyiapkan 103 pos pengamanan dan 38 pos pelayanan.

Baca juga: Jumlah penumpang domestik di Bandara Kualanamu turun 30 persen

Baca juga: 19 investor berminat kembangkan "Aerocity" Bandara Kualanamu

Baca juga: H+1 arus mudik Natal-Tahun Baru, Bandara Kualanamu masih ramai

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar