Padang, (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat  Dr M Djamil  Padang berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dan menargetkan kepuasan pelanggan mencapai 95 persen pada tahun  2020.

Direktur Utama RSUP M Djamil Yusirwan di Padang, Minggu mengatakan harus ada perubahan dan perbaikan dalam aspek mutu pelayanan kesehatan kedepan.

"Saya harap pasien dan keluarganya adalah hal yang utama di semua kegiatan dan pelayanan" katanya saat acara puncak HUT RSUP M Djamil ke-66.

Menurut dia untuk meningkatkan kenyamanan pada pelanggan, semua pegawai di Rumah sakit diwajibkan untuk ramah dan selalu tersenyum saat melayani pelanggan.
Baca juga: Jenazah anak penderita getah bening dibawa pulang dengan ojek

"Senyum adalah harga mati untuk semua orang. Bagi pegawai yang ketahuan tidak senyum saat bertemu masyarakat maka bisa dilaporkan ke Humas dan akan mendapat sanksi nantinya" tambahnya.

Ia mengatakan sanksi yang diterima pegawai berupa pemotongan THP sebesar 3 persen.

Menurut dia dalam hal kompetensi tidak ada dokter yang lebih hebat di Sumatera tengah selain dari RS M Djamil namun kompetensi saja tidak menjamin kesuksesan dari suatu pelayanan.

Ia menilai yang paling penting yakni komunikasi yang ramah yang dimulai dengan senyum.
Baca juga: RSUP M Djamil Padang gratiskan biaya perawatan bayi Khalif

Bahwa pada tahun ini RS M Djamil sudah memiliki teknologi canggih maka kualitas dan kuantitas pelayanan akan semakin meningkat di tahun 2020 .

Kemudian untuk mengurangi antrean dengan dibukanya pelayanan rawat jalan hingga pukul 22.00 WIB.

Setelah itu pihaknya akan menambahan jadwal operasi pun dibuka selama 24 jam. Biasanya hanya dari pagi hingga pukul 16:00 WIB.

"Tujuannya yaitu supaya masyarakat lebih terlayani" tuturnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana kegiatan HUT RSUP Kari Fernando mengatakan pihaknya menggelar berbagai kegiatan olahraga, kesenian, keagamaan serta beberapa kegiatan menyangkut dengan mutu pelayanan masyarakat.

"Tujuan diadakannya acara ini yakni untuk menyatukan dan merefresingkan beban kerja yang selama ini cukup banyak dengan harapan kegiatan ini bisa meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat," katanya.
Baca juga: Korban Wamena langsung dirawat di RSUP M Djamil setiba di Padang
Baca juga: RSUP M Djamil Padang tetap layani pasien selama cuti lebaran

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019