Dinas Lingkungan Hidup kerahkan 7.000 personel

Dinas Lingkungan Hidup kerahkan 7.000 personel

Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengevakuasi sampah eceng gondok yang menyumbat aliran Kali Sunter Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (2/11/2019). (ANTARA/HO-Tim UPK Badan Air DLH)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan 7.000 personel satuan tugas kebersihan untuk menjamin Tahun Baru 2020 bersih dari sampah malam pergantian tahun.

"Kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan bekerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing,” kata Kepala DLH DKI Jakarta Andono Warih di Jakarta, Minggu.

Andono menargetkan pada hari pertama 2020 pada Rabu (1/1) pagi, seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa penyambutan tahun baru.

Ribuan petugas itu akan memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah ditangani.

Ketika acara pergantian tahun selesai, petugas akan langsung bergerak menyisir lokasi. "Petugas telah disiagakan sejak Selasa (31/12) sore melalui gelaran apel konsinyering yang dihadiri oleh seluruh petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup di tiap wilayah untuk mengecek kesiapannya," kata Andono.

Ia juga mengharapkan pedagang kaki lima langsung merapikan dagangannya dan pengunjung yang memarkir kendaraannya di jalan dan kantong-kantong parkir sementara segera meninggalkan lokasi agar tak menghambat kinerja pasukannya.

Baca juga: Dinas LH DKI jamin tak ada tumpukan sampah selama Natal
Baca juga: Jakarta Barat keruk 65,66 ton sampah dari kali setelah hujan lebat


Tak hanya itu, seluruh Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada "pick up double cabin" dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik.

Tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantargebang juga disiagakan beroperasi 24 jam demi segera menampung sisa-sisa perayaan tahun baru masyarakat Jakarta.

Dinas Lingkungan Hidup juga berkolaborasi dengan komunitas peduli lingkungan, salah satunya Gerakan Pramuka, dalam aksi simpatik pembagian kantong wadah sampah kepada pedagang.

Sosialisasi untuk menjaga kebersihan juga akan dilakukan, baik menggunakan videotron mobile dan petugas yang menggunakan papan penyuluhan yang berkeliling di lokasi keramaian.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar