Kilas Balik 2019

Lika-liku perkembangan industri game Indonesia

Oleh Arindra Meodia

Lika-liku perkembangan industri game Indonesia

Peserta berkonsentrasi saat mengikuti pertandingan Grand Final UniPin Southeast Asia Cyber Arena (SEACA) 2019  di Jakarta, Jumat (8/11/2019).ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sepanjang tahun 2019, perkembangan industri game banyak diberitakan media massa, beberapa di antaranya cukup menyita perhatian publik, misalnya saat pertama kalinya pemerintah menggelar turnamen Piala Presiden Esports 2019.

Sejumlah tim esport Indonesia berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Selain itu, kehadiran ponsel gaming, serta peluncuran game dan rilis web series yang terinspirasi game juga mendorong industri game Tanah Air.

Kendati demikian, ada juga kontroversi pembuat konten game Kimi Hime yang mendapat "kartu merah" dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), hingga kontroversi fatwa untuk game PUBG yang banyak menyita perhatian publik.

Berikut delapan peristiwa game Indonesia sepanjang 2019 sebagaimana dirangkum Antara:

1. Piala Presiden Esports 2019
 
Suasana babak final kejuaraan Esports Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)


Perkembangan esport di Indonesia dapat batu loncatan ketika diadopsi menjadi cabang olahraga baru dalam ASEAN Games 2018. Industri esport kemudian kembali digemparkan dengan pelaksanaan acara Piala Presiden esport 2019. Kedua peristiwa ini menandakan bahwa esport sudah mulai diakui oleh masyarakat Indonesia.

Turnamen Piala Presiden Esports 2019 dibuka sejak 29 Januari 2019, dan diikuti oleh 3.572 tim esports dari seluruh pelosok Tanah Air. Pada puncak turnamen pada 31 Maret 2019, tim ONIC Esports berhasil memenangkan pertandingan, dan keluar sebagai juara pertama Piala Presidents Esports 2019.

Turnamen esports pertama di Indonesia itu dilangsungkan dengan dukungan penuh dari Kantor Staf Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Ekonomi Kreatif.

Pada pertengahan Oktober 2019, kejuaraan Piala Presiden Esports 2020, diikuti peserta dari enam negara di Asia Tenggara, resmi digulirkan.

Berbeda dengan pergelaran pertama yang hanya mempertandingkan satu game, yaitu Mobile Legends, PPE tahun kedua akan ada beberapa game yang dimainkan yakni Free Fire, eFootball PES 2020, satu game kasual Mobile Premier League, dan satu game nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional.

2. "Ragnarok: Forever Love", game diangkat jadi web series
 
Co-president of Gravity Game Link, Harry Choi (kiri), Chairman of the Board of Directors, Yoshinori Kitamura (tengah) dan Co-President Gravity Game Link, Andi Suryanto (kanan) dalam temu media peluncuran "Ragnarok: Forever Love" di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Penerbit game Gravity Game Link meluncurkan PC online game "Ragnarok: Forever Love" yang merupakan kelanjutan dari mobile game Ragnarok Online pada 7 September 2019.

Game tersebut memperkenalkan karakter dan kota baru dibandingkan dengan dunia Ragnarok yang telah dikenal sebelumnya. Dalam game tersebut juga muncul ras baru, serta fitur-fitur tambahan.

Penerbit game Gravity Game Link juga merilis web series "Cinta Abadi" yang terinspirasi dari game "Ragnarok: Forever Love." Web series dengan enam episode tersebut mengusung genre romance fantasy dengan bumbu horor, dan dibintangi oleh Brandon Salim, Amanda Rawles dan Shandy William.

Baca juga: Main di web series Ragnarok, Brandon Salim jadi ketagihan main game

Baca juga: Game Ragnarok diangkat jadi web series "Cinta Abadi"

Baca juga: "Ragnarok: Forever Love" meluncur, Project H diumumkan

Oleh Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Imbangi PUBG dengan game bermuatan edukasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar