Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 200 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat disiagakan di sepanjang Jalan MH Thamrin-Jendral Sudirman selama penyambutan tahun baru yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta dengan titik pusat Bundaran HI.

"Kalau kami dari Jakarta Pusat akan ada 200 orang di sepanjang MH Thamrin-Sudirman itu, terutama pengamanan di Bundaran HI," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jakarta Pusat Bernard Tambunan saat dikonfirmasi terkait pengamanan Tahun Baru 2020  di wilayah Jakarta Pusat, Senin.

Meski terpusat di Bundaran HI, Bernard mengatakan, penjagaan di sejumlah kawasan wisata seperti Monas dan Lapangan Banteng juga tetap dilakukan.

"Iya pasti tetap dijaga sekitar 50 personel tersebar di kawasan-kawasan wisata, tapi ini kan pusatnya di Bundaran HI, jadi ya pasti lebih banyak penjagaan di situ karena pasti lebih ramai," kata Bernard.

Bernard mengatakan total seluruh petugas Satpol PP yang ditugaskan menjaga keamanan dan kelancaran perayaan tahun baru di Jakarta berjumlah 1.150 personel.

Baca juga: Dinas Lingkungan Hidup kerahkan 7.000 personel
Baca juga: Sambut Tahun Baru 2020, Dishub DKI Jakarta tutup jalan secara berkala


Meski pengamanan mencapai ribuan, Bernard mengimbau masyarakat bisa menjaga kondisi agar tetap kondusif selama perayaan tahun baru berlangsung terutama di titik utama, yaitu Bundaran HI.

"Masyarakat juga harus jaga diri masing-masing. Misalnya, seringkali ibu-ibu janganlah bawa anaknya yang masih kecil kalau terlihat sudah padat kerumunan. Kita buat perayaan tahun baru sama-sama aman," kata Bernard.

Perayaan Tahun Baru 2020 yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta terpusat di Bundaran HI.

Di hari terakhir 2019, yaitu Selasa (31/12) mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai penyambutan Tahun Baru 2020 masyarakat dapat berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum jika ingin berpartisipasi karena terjadi penutupan jalur untuk kendaraan pribadi terutama di Jalan MH Thamrin hingga Jenderal Sudirman.
Baca juga: Sambut tahun baru, Pemprov DKI selenggarakan nikah massal

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019