Jakarta (ANTARA) - GM Magnus Carlsen (2865) mengalami kekalahan pertama pada kejuaraan dunia catur cepat di di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, Minggu malam waktu setempat atau Senin WIB, tetapi pecatur terbaik dunia itu masih berada di posisi puncak usai menyelesaikan 12 babak nomor catur kilat.

Menurut data hasil pertandingan dari Chess-Result.com, Carlsen yang tampil sebagai juara nomor catur cepat di dua hari pertama turnamen bertajuk "2019 King Salman World Rapid & Blitz Championship Blitz Open" itu mengalami kekalahan dari pecatur Rusia GM Dmitry Andreikin (2780) pada babak ketujuh nomor catur kilat hari pertama yang mempertandingkan 12 babak.

Andreikin yang mengendalikan buah putih menumbangkan Carlsen dalam pertandingan yang berlangsung 54 langkah. Namun, kekalahan pertama itu secara total tidak menggoyahkan Carlsen untuk menduduki posisi teratas hingga 12 babak nomor catur kilat.

Baca juga: Carlsen juara dunia catur cepat 2019

Secara keseluruhan, dari 12 babak, Carsen mengumpulkan 10,0 poin dari hasil 9 kemenangan dan dua kali remis. Ia berpeluang untuk mengawinkan gelar juara catur kilat dengan gelar juara catur cepat yang sudah digenggamnya, karena hanya pecatur Rusia GM Maxim Matlakov (2720) yang membuntuti di posisi kedua dengan selisih 0,5 poin.

Sementara itu, rangking pertama dunia catur kilat saat ini, GM Hikaru Nakamura (2885) menduduki posisi ketiga dengan 9,0 poin. Poin yang diraih pecatur berdarah Jepang yang mewakili Amerika Serikat itu sama dengan dua pecatur Rusia, GM Daniil Dubov (2736) dan GM Ian Nepomniachtchi (2826).

Nomor catur kilat akan mempertandingkan sembilan babak tersisa pada Senin malam waktu setempat atau Selasa WIB.

Baca juga: Carlsen memimpin hingga babak ke-10 kejuaraan dunia catur cepat

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019