Jakarta (ANTARA) - Pep Guardiola mengindikasikan bahwa Manchester City kini sudah fokus untuk musim depan setelah menerima peluang mereka menjuarai Liga Premier Inggris tiga kali berturut-turut mulai sirna.

Guardiola mencatatkan kemenangan liga ke-100-nya sebagai pelatih City pada Minggu, ketika gol dari Sergio Aguero dan Kevin De Bruyne memastikan kemenangan 2-0 atas Sheffield United. Kemenangan tersebut membuat City terpaut satu poin dari posisi kedua Leicester City dan 14 poin dari pemuncak klasemen Liverpool, yang mengalahkan Wolves 1-0 di Anfield.

Baca juga: Peluang juara Man City sudah raib bagi Guardiola

Dengan selisih poin yang begitu besar, Guardiola menerima bahwa timnya bukan lagi pesaing yang realistis untuk meraih gelar setelah sukses menjuarainya selama dua musim terakhir.

Mantan pelatih asal Katalunya itu mengatakan bahwa fokus utamanya sekarang adalah memastikan City menjadi lebih baik untuk musim 2020-21 dan meraih kesuksesan.

"Tidak. Tidak realistis untuk memikirkan itu," kata Guardiola dalam sebuah konferensi pers.3 yang dilansir Goal pada Minggu (30/12), ketika ditanya apakah Liverpool masih bisa dikejar.

Baca juga: Manchester City pastikan Guardiola bertahan hingga kontraknya habis

Baca juga: Berakhirnya era Tiki Taka


"Sebuah tim yang memiliki jumlah poin seperti Liverpool, mengapa kita harus memikirkannya? Itu hanya persiapan, bermain bagus dan lebih baik untuk sedekat mungkin dengan puncak liga yang kita bisa, mempersiapkan untuk kompetisi musim selanjutnya."

"Setiap pertandingan membantu kami meningkat untuk musim depan. Semoga kami bisa menjadi lebih baik."

"Sekarang kami bisa memulihkan diri selama tiga hari dan bersiap untuk pertandingan berikutnya melawan Everton. Itulah yang harus Anda lakukan."

Meski sudah menerima bahwa perburuan gelar sudah berakhir, Guardiola menegaskan tidak boleh melupakan apa yang telah dicapai skuat City.

Baca juga: Guardiola tegaskan ingin tetap di Manchester City

"Para penggemar dapat mengatakan atau melakukan apapun yang mereka inginkan, tetapi mereka tidak dapat menyangkal bahwa tim ini dalam tiga tahun terakhir luar biasa di setiap kompetisi," tambahnya.

"Dalam sepak bola Anda bisa kalah atau menang. Kami memiliki cedera di posisi yang sangat penting, tetapi kami selalu mencoba bahkan saat kami kalah."(sumber Goal)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019