Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor Malang menyatakan, sepanjang 2019 tingkat kriminalitas di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tercatat mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan bahwa jumlah kejadian kriminal di wilayah Kabupaten Malang pada 2019, tercatat sebanyak 2.864 kasus, atau mengalami penurunan jika dibanding 2018 yang sebanyak 3.093 kasus.

"Pada 2019, kriminalitas turun tujuh persen jika dibanding 2018, atau mengalami penurunan jumlah sebanyak 229 kasus," ujar Ujung, dalam jumpa pers akhir tahun di Polres Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin.

Ujung menambahkan, untuk kejahatan pencurian dengan tindak kekerasan, pada 2019 tercatat mengalami penurunan hingga 68 persen, kasus pencurian dengan pemberatan turun 15 persen, dan pencurian kendaraan bermotor turun sebesar lima persen.

"Selain itu, pada 2019, kami juga berhasil mengungkap beberapa kasus yang menonjol," kata Ujung.

Beberapa kasus yang menonjol dan berhasil diungkap Polres Malang antara lain adalah perdagangan satwa ilegal, judi pemilihan kepala daerah, penipuan internasional, perdagangan anak, dan kasus pencabulan anak di bawah umur.

Selain itu, sepanjang 2019, Polres Malang juga berhasil mengungkap 314 kasus narkoba, dengan menangkap 358 tersangka. Dari kasus tersebut, disita sabu sebanyak 1,052 gram, ganja kering 2.119 gram, dan pil double L sebanyak 419.703 butir.

Selain kasus-kasus tersebut, Polres Malang juga mampu menyelesaikan sembilan potensi konflik sosial, seperti sengketa lahan, sengketa rumah ibadah, dan melakukan berbagai kegiatan terkait pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa.

Sepanjang 2019 Polres Malang menerima beberapa penghargaan seperti predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), pelayanan prima dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, dan lainnya.

Baca juga: Polres Malang siapkan rekayasa lalu lintas saat libur Natal

Baca juga: Polres Malang tekan potensi gangguan jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Polres Malang tingkatkan pengawasan di kawasan wisata


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019