evakuasi selesai kurang lebih dua jam
Jakarta (ANTARA) - Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi dua sarang tawon vespa, sejenis tawon dengan sengatan mematikan, di wilayah Kalideres dan Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Eko Sumarno di Jakarta, Senin, mendapat laporan adanya tawon vespa secara bersamaan sekitar pukul 18.30 WIB.

Adapun sarang tawon vespa tersebut ditemukan di Perumahan Citra 1 Blok 8 RT05/13 Kalideres, dan sekitar Jalan Panjang RT06/01 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk.

Baca juga: Petugas Damkar Jaktim evakuasi sarang tawon di kuburan
Baca juga: BPBD: Laporan sarang tawon vespa melalui call center capai puluhan


Petugas damkar menggunakan pakaian penyelamatan yang tertutup dari ujung kepala hingga kaki. Tak lupa mereka menutup celah dari pakaian penyelamatan mereka dengan lakban, agar tawon tak mudah menyerang.

"Sarang tawon disemprot racun serangga di salah satu lubang, kemudian menutup lubang dengan kapas yang dibasahi bensin, sehingga tawonnya mati di dalam," ujar Eko.

Eko menyebut tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan dari keberadaan tawon vespa tersebut. "Alhamdulillah untuk Jakarta Barat belum ada," kata Eko.

Baca juga: Tawon ndas di Bekasi sengat tiga orang selama sepekan
Baca juga: Seorang warga tewas, Bekasi waspadai sengatan Tawon Ndas

Satu unit penyelamatan sebanyak enam personel diterjunkan untuk menangani sarang tawon yang menenpel di batang pohon di perumahan kawasan Kalideres.

Sedangkan tiga unit damkar dengan 15 personel diturunkan di Kedoya Selatan untuk menjangkau sarang tawon yang tergantung di atas pohon.

"Evakuasi selesai kurang lebih dua jam, di Kalideres pukul 20.20 WIB dan Kedoya pukul 20.45," kata Eko.

Baca juga: Pria lanjut usia di Bekasi tewas disengat tawon
Baca juga: Sarang tawon seukuran bola sepak berhasil dievakuasi Damkar


Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019