Humaniora kemarin, jembatan putus hingga peluncuran pesawat nirawak

Humaniora kemarin, jembatan putus hingga peluncuran pesawat nirawak

Jembatan penghubung Kecamatan Mulak Ulu dengan Mulak Sebingkai, Kabupaten Lahat terputus akibat banjir bandang di Mulak Ulu, Lahat, Sumatera Selatan, Senin (30/12/2019). Sebanyak enam rumah di Desa Keban Agung, Mulak Sebingkai, Lahat, Sumatera Selatan hanyut terbawa banjir bandang dan 10 rumah mengalami rusak berat. ANTARA FOTO/M Rega Derbiansyah/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini, mulai dari banjir yang menyebabkan satu jembatan putus dan tujuh rumah hanyut di Kabupaten Lahat hingga peluncuran pesawat nirawak "Elang Hitam" diluncurkan di Bandung, Jawa Barat.

Berita-berita tersebut :

1.Jembatan putus, tujuh rumah hanyut akibat luapan air sungai di Lahat

Banjir akibat luapan air Sungai Mulak menyebabkan satu jembatan putus dan tujuh rumah warga hanyut di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, menurut data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kepala BPBD Kabupaten Lahat Marjono saat dihubungi dari Palembang pada Senin mengatakan bahwa berdasarkan laporan sementara ada tujuh rumah di Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai, yang hanyut atau berpindah posisi akibat luapan air Sungai Mulak.

2.Mensos pastikan stok bantuan bencana aman hadapi musim hujan

Menteri Sosial Juliari P Batubara mematikan stok bantuan untuk penanganan korban bencana alam aman menghadapi musim penghujan.

"Kesiapsiagaan terhadap bencana alam akan terus ditingkatkan. Kita pastikan bahwa stok bantuan bahan makanan, tenda dan lainnya dalam level yang aman," kata Mensos di Jakarta, Senin.

3. Pesawat udara nirawak "Elang Hitam" diluncurkan

Hasil rancang bangun atau development manufacturing dari "air frame" pesawat udara nirawak (PUNA) atau drone tipe medium altitude long endurance (MALE) bernama "Elang Hitam"yang mampu terbang tanpa henti selama lebih dari 24 jam dan memiliki pengendalian multiple UAV secara bersamaan diluncurkan melalui Konsorsium Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA MALE).

"Pesawat Tanpa Awak MALE 'Elang Hitam' ini hasil rancang bangun, rekayasa dan produksi anak bangsa," kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza di dalam acara Roll Out Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) atau Dronetipe Medium Altitude Long Endurance (MALE) di PT Dirgantara Indonesia, di Bandung, Jawa Barat, Senin.

4. Inilah foto terbaik ANTARA tahun 2019

Foto terbaik ANTARA tahun 2019 karya Harviyan Perdana Putra. Petugas memeriksa warga binaan saat sidak narkoba di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (21/2/2019). Rutan Klas IIB bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batang melakukan sidak narkoba pada 78 warga binaan yang bertujuan untuk menekan peredaran narkoba di lingkungan rutan.

5.Pemprov Jatim gelar doa dan dzikir sambut Tahun Baru

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar doa dan dzikir bersama ribuan anak yatim menyambut Tahun Baru 2020 di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa, 31 Desember 2019.

"Semoga doa dan dzikir bersama membuat Jatim lebih baik," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Senin malam.

 

Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar