Sepak Bola Nasional

Jelang tutup tahun, Bali United agresif rekrut pemain anyar

Jelang tutup tahun, Bali United agresif rekrut pemain anyar

Pelatih Bali United Stefano Cugura (kanan) merayakan kemenangan bersama para pemain dan manajemen Bali United seusai penganugerahan juara Liga 1 2019 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (22/12/2019). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww.

Jakarta (ANTARA) - Menjelang tutup tahun, juara baru Liga 1 Bali United menjadi klub yang paling agresif merekrut pemain anyar.

Terhitung pada 31 Desember, klub berjuluk Serdadu Tridatu itu telah mendatangkan tiga pemain papan atas untuk melengkapi skuatnya musim depan yakni kiper Nadeo Argawinata, Gavin Kwan Adsit, dan Hariono.

Salah satu alasan Bali bergerak cepat untuk memboyong pemain-pemain baru adalah karena mereka akan tampil pada kualifikasi Liga Champions Asia 2020 yang akan digelar pada pertengahan Januari mendatang.

Baca juga: Nadeo Argawinata jadi rekrutan ketiga Bali United

Baca juga: Gavin Kwan Adsit merapat ke Bali United


Selain berlaga pada kualifikasi Liga Champions Asia, Bali juga akan mewakili Indonesia dalam kompetisi ASEAN Club Championship 2020 selaku juara Liga 1.

Kompetisi antar negara Asia Tenggara yang "bangkit dari kubur" setelah vakum selama 15 tahun itu akan dimulai pada Mei tahun depan.

Klub-klub Liga 1 lain yang juga telah mengumumkan perekrutan pemain baru adalah Persija Jakarta dan Madura United.

Persija memboyong pemain jebolan akademi Persib Bandung Alfath Faathier, sedangkan Madura merekrut dua legiun asing yakni Zah Rahan dan mantan pemain PSS Sleman Brian Ferreira.

Baca juga: Persija Jakarta hadirkan Alfath Faathier

Baca juga: Persija Jakarta dipastikan lepas dua pemain asingnya


Madura juga telah mendatangkan pelatih baru yakni mantan arsitek TIRA Persikabo Rahmad Darmawan. Posisi pelatih Madura United dipegang oleh Rasiman pada akhir musim lalu, setelah pelatih sebelumnya Dejan Antonic mengundurkan diri pada September.

Selain Bali, Persija, dan Madura belum ada klub Liga 1 lain yang telah mengumumkan perekrutan pemain barunya, termasuk tim peringkat kedua Persebaya Surabaya, yang akan berkompetisi di Piala AFC dan ASEAN Club Championship.

Satu hal menarik yang dapat dilihat dari tren perkenalan pemain-pemain baru klub Indonesia adalah semakin kreatifnya klub dalam melakukan proses tersebut.

Video perkenalan Hariono oleh Bali sempat menarik perhatian banyak pihak karena seolah-olah terdapat materi sesi pemotretan sang pemain bocor ke publik. Hal itu menarik para pecinta sepak bola karena beberapa hari sebelumnya Hariono mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari klub lamanya Persib.

Baca juga: Madura United datangkan bekas pemain asing PSS Sleman

Baca juga: Madura United rekrut pemain timnas U23


Sedangkan video perkenalan Alfath oleh Persija juga disukai banyak pihak, karena menampilkan cerita singkat bahwa ia pergi ke Jakarta dari kota asalnya, Bandung.


Daftar perpindahan pemain-pemain klub Liga 1, terhitung 31 Desember 2019

1. Bali United

Masuk: Nadeo Argawinata, Gavin Kwan Adsit, Hariono

Keluar: Nyoman Sukarja, Aldino Herdianto, Mochamad Diky Indriyana, Putu Pager Wirajaya, Ahmad Maulana, I Nyoman Adi Parwa, Ahmad Agung Setia Budi

2. Madura United

Masuk: Zah Rahan, Brian Ferreira

Keluar: Ante Bakmaz, Alfath Faathier

3. Persib Bandung

Masuk:

Keluar: Hariono

4. Borneo FC

Masuk:

Keluar: Nadeo Argawinata

5. Persija Jakarta

Masuk: Alfath Faathier,

Keluar: Farri Agri, Joan Tomas, Alexandre Luiz Reame (Xandao), Maman Abdurrahman, Rahmad hidayat, Dany Saputra, Fitra Ridwan

6. Barito Putra

Masuk:

Keluar: Gavin Kwan Adsit, Evan Dimas Darmono

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Satgas Antimafia Bola Polda Jateng siap awasi Liga Indonesia 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar