"Keberhasilan dalam penanganan dan pengungkapan kasus tersebut adalah hasil dari kegigihan dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas para personel Polda Banten dan jajarannya," ujar Kombes Edy Sumardi, di Mapolda Banten, Senin (30/12).
Serang (ANTARA) - Kapolda Banten melalui Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi memaparkan keberhasilan jajarannya dalam mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, dan pencurian kendaraan bermotor selama tahun 2019.

"Keberhasilan dalam penanganan dan pengungkapan kasus tersebut adalah hasil dari kegigihan dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas para personel Polda Banten dan jajarannya," ujar Kombes Edy Sumardi, di Mapolda Banten, Senin (30/12).

Kabid Humas dalam paparan press relase akhir tahun 2019 yang disampaikan oleh Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir di Gedung Serbaguna Polda Banten beberapa waktu lalu menyampaikan, dari data kasus yang sudah terkumpulir terhitung dari Januari hingga Desember 2019, jumlah Laporan Polisi (LP) tentang kasus pencurian dengan pemberatan sebanyak 509, dengan jumlah penyelesaian 303, untuk kasus pencurian dengan kekerasan 102 LP, diselesaikan 62, sedangkan kasus pencurian kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat sebanyak 829 LP, mampu menyelesaikan 283 kasus.
Baca juga: Gadis Badui dibunuh, aktivis perempuan Muslim kecam pelaku

Lebih lanjut Edy menjelaskan bahwa Polda Banten akan terus berupaya secara maksimal menekan dan meminimalkan kriminalitas di wilayah hukumnya, baik pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor atau pun kejahatan lainnya.

"Jumlah kriminalitas di wilayah hukum Polda Banten dan jajarannya secara umum di tahun 2019 ada peningkatan sebesar 19,9 persen, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun diimbangi dengan jumlah keberhasilan pengungkapan sebesar 19,3 persen," katanya lagi.

Hal tersebut, kata dia, menandakan bahwa adanya peningkatan keberhasilan kinerja dari para personel dalam mengungkap dan menangani kasus atau perkara baik pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, dan pencurian kendaraan bermotor atau pun kejahatan konvensional lainnya.

"Keberhasilan ini merupakan sebuah wujud sinergi Polri dengan masyarakat yang turut andil membantu pihak kami dalam menjaga harkamtibmas," ujar Edy pula.
Baca juga: Polda Banten siapkan 3.000 personel amankan natal dan tahun baru

Pewarta: Lukman Hakim/Sambas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019