Jembatan Mahakam IV Samarinda siap beroperasi awal 2020

Jembatan Mahakam IV Samarinda siap beroperasi awal 2020

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi (depan kanan) didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kaltim Taufiq Fauzi (kiri) saat meninjau jembatan mahakam IV Samarinda. ANTARA/Arumanto/pri.

Hasil uji beban sudah memenuhi syarat. Sudah bisa dilewati. Insya Allah, Kamis, 2 Januari 2020, Jembatan Mahakam IV akan diuji coba
Samarinda (ANTARA) - Jembatan Mahakam IV di Samarinda, Kalimantan Timur, siap dioperasikan pada awal tahun 2020 setelah lolos pengujian oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

KKJT telah melakukan uji coba pada 22 Desember 2019 dengan menempatkan 36 truk roda 10 di sepanjang jembatan tersebut.

"Hasil uji beban sudah memenuhi syarat. Sudah bisa dilewati. Insya Allah, Kamis, 2 Januari 2020, Jembatan Mahakam IV akan diuji coba," kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi di Samarinda, Selasa.

Hasil sementara uji beban KKJTJ, sebut Hadi sudah lebih bagus dari uji beban jembatan yang sudah ada. Jembatan yang dibangun sejak tahun 2012 itu diharapkan sudah bisa dimanfaatkan mulai awal tahun 2020.

Baca juga: Jembatan Mahakam IV ditargetkan rampung Oktober

Menurut Hadi, uji coba dilakukan sambil menunggu sertifikat laik fungsi jembatan dari KKJTJ Kementerian PUPR yang diperkirakan baru akan diterima dalam waktu satu bulan ke depan.

Untuk tahap awal uji coba, fungsional secara teknis kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan penumpang termasuk bus, dan sepeda motor dengan lebar 2,25 m dan 2 jalur di sayap kiri dan kanan. Sedangkan truk belum diperkenankan lewat hingga keluarnya surat laik dari KKJTJ.

Baca juga: Jembatan Mahakam IV gunakan teknologi VCM karena kendala tanah

"Bentang bawah jembatan ini (jalur navigasi) jauh lebih lebar. Jadi jauh lebih aman. Terlalu kalau ada ponton yang masih menabrak," yakin Hadi.

Jalur navigasi Jembatan Mahakam IV sepanjang 150 meter, sementara Jembatan Mahakam I hanya 90 meter. Jembatan juga dipercantik dengan lampu tematik yang akan menyala dari pukul 19.00 hingga 24.00 Wita.

Baca juga: Penabrak Jembatan Mahakam di Samarinda diminta ditindak tegas

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar