Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) menggelar operasi keamanan laut dan sosialisasi keselamatan berlayar di perairan Makassar jelang pergantian tahun.

Baca juga: Lantamal XII Pontianak dapat tambahan dua kapal perang

Baca juga: Danlantamal Manado lakukan pencanangan bulan Trisila TNI AL

Baca juga: Lantamal II tampilkan puluhan penerjun meriahkan Hari Nusantara



"Dalam hitungan jam kita sudah masuk ke tahun baru dan meninggalkan tahun 2019 ini. Kita harap semuanya berjalan lancar, aman dan kondusif selama pergantian tahun," ujar Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo di Makassar, Selasa.

Pada operasi keamanan laut itu, pihaknya mengerahkan Kapal Angkatan Laut Patkamla Langkai II.6.63 dan Sea Rider.

Dalam operasi keamanan dan sosialisasi itu, selain mengecek keamanan dan keselamatan pelayaran juga mengajak para pengguna transportasi laut antarpulau agar menggunakan keselamatan diri selama di atas kapal.

Beberapa peralatan yang harus digunakan oleh penumpang yakni jaket pelampung (life jacket). Para personel Lantamal VI juga memberikan pengarahan kepada seluruh nahkoda dan anak buah kapa (ABK).

Asops Danlantamal VI menjelaskan, tujuan utama dari operasi keamanan dan sosialisasi keselamatan berlayar bagi kapal penumpang dan nelayan serta masyarakat di seluruh wilayah kerja Lantamal VI, agar kejadian kecelakaan di laut bisa dicegah dan diminimalisir terutama menjelang kegiatan libur bersama seperti tahun baru.

"Pada umumnya kecelakaan di laut faktor utama yang berpengaruh yaitu faktor cuaca yang buruk, ombak besar dan ketidaksiapan orang-orang yang menggunakan transportasi laut yang kurang disiapkan seperti tidak menggunakan life jacket," katanya.

Kolonel Ardhi menyatakan di akhir tahun ini, sudah memasuki musim penghujan atau musim barat yang melanda wilayah Sulawesi Selatan hingga Maret 2020 yang mengakibatkan ombak lebih tinggi lagi.

"Selain faktor cuaca, kesadaran dari para pelaut seperti nakhoda dan ABK harus ditingkatkan, tetap ikuti rambu-rambu dan informasi cuaca lainnya agar penumpang yang dibawa bisa diantar dengan selamat," ucapnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019