Kita akan kembangkan terminal-terminal yang bagus, bus-busnya juga bagus, sehingga orang akan kerasan menggunakan bus
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Terminal Pekalongan, Jawa Tengah, untuk memantau arus balik dan memastikan penyelenggaraan transportasi pada masa Natal dan Tahun Baru berjalan lancar.

“Secara fisik Terminal Pekalongan cukup baik, tapi kita akan lihat fungsi-fungsi ini secara maksimal," kata Menhub dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Ia menyebutkan adanya penurunan penumpang sebanyak tiga persen. "Memang ada kecenderungan jumlah penumpang turun tiga persen, tapi saya pikir ini ‘seasonal’ aja, karena sekarang banyak orang pakai mobil pribadi," katanya.

Baca juga: Di Gadog Puncak, Menhub tinjau kesiapan malam bebas kendaraan

Menurut Menhub, pihaknya tetap akan mengembangkan angkutan massal berbasis bus. Jika angkutan massal dikembangkan dengan baik, tentunya akan mengurangi beban lalu lintas di jalan.

“Kita akan kembangkan terminal-terminal yang bagus, bus-busnya juga bagus, sehingga orang akan kerasan menggunakan bus ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ia juga sempat berdialog dengan beberapa penumpang bus.

“Kalau penumpang happy ya, ada yang mau ke Semarang, mau ke Kaliwungu, mereka senang," kata Menhub.

Baca juga: Menhub: aplikasi tol laut permudah masyarakat dapatkan barang

Dibangunnya jalan tol, bus-bus AKAP yang melintasi jalan Tol Trans-Jawa, relatif memiliki waktu tempuh yang lebih singkat daripada kendaraan yang mengakses jalan nontol.

Secara umum, perjalanan darat selama mudik Natal dan tahun baru relatif meningkat, salah satunya mungkin dipengaruhi telah beroperasinya tol “elevated” (layang) Japek, jadi waktu tempuh lebih singkat.

“Dari pengamatan kita di Jasa Marga, kendaraan yang ke arah timur lebih dari 500.000, dan yang kembali ke Jakarta mendekati 400.000. Jadi masih ada kurang lebih 140.000 kendaraan lagi yang akan balik ke Jakarta," katanya.

Baca juga: Menhub ingin penutupan Jalur Puncak Bogor disosialisasikan

Puncak arus balik diperkirakan terjadi Rabu besok (1/1/2020), dan Minggu, 5 Januari 2020.

Terkait perayaan pergantian tahun nanti malam, Menhub mengimbau agar masyarakat khususnya para pengendara tetap waspada dan berhati-hati.

“Baik mobil pribadi mau pun kendaraan umum, tetap waspada dan berhati-hati," katanya.

Pada perayaan pergantian malam tahun baru, beberapa daerah memberlakukan car free night, dan menutup beberapa akses jalan bagi kendaraan bermotor.

Masyarakat diharapkan mencermati informasi tersebut sehingga dapat merencanakan rute dan melakukan perjalanan dengan baik dan lancar.

Baca juga: Bupati Bogor serahkan hasil kajian Jalur Puncak Dua ke Menhub

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019