Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengimbau masyarakat yang akan mengunjungi area car free night di Jalan Sudirman-Jalan Thamrin, Jakarta, pada malam Tahun Baru 2020 agar menggunakan transportasi umum.

"Sebisa mungkin (supaya) menggunakan kendaraan publik atau kendaraan umum, transportasi umum," kata Argo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan kantong-kantong parkir di berbagai gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan sekitar Jalan Sudirman.

"Pemerintah sudah menyiapkan kantong-kantong parkir yang akan digunakan," katanya.

Baca juga: Kabaharkam dan Kakorlantas pantau udara jelang malam tahun baru

Baca juga: Ini rekayasa lalin di Kota Tua saat malam Tahun Baru 2020


Penutupan jalan Sudirman-Thamrin, kata dia, akan dimulai pukul 15.00 WIB, kemudian arus lalu lintas akan dialihkan dari ruas jalan tersebut.

Menurut dia, akan terdapat beberapa kegiatan di sepanjang ruas jalan car free night, di antaranya persembahan berbagai acara hiburan dan nikah massal di Balai Kota.

Untuk menjaga keamanan selama perayaan malam tahun baru di seluruh wilayah Indonesia, Polri berkoordinasi dengan TNI dan pemerintah daerah setempat.

"Pihak kepolisian bersama dengan TNI dan pemerintah daerah, terutama di sana ada Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar, dan Dinas Kesehatan, semua terlibat dalam kegiatan tahun baru ini," katanya.

Polri bersama TNI dan warga masyarakat juga mendirikan berbagai pos pengamanan dan pos pelayanan.

Baca juga: Pemkot Palembang isi malam pergantian tahun dengan zikir akbar

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini mengatakan bahwa aparat di daerah yang juga menggelar car free night telah siap untuk bekerja mengamankan kegiatan tersebut.

"Semuanya sudah dilakukan pengamanan dari berbagai polda, kodam, sampai tingkat bawah semua sudah siap," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019